Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS4 dan Nintendo Switch Pecahkan Rekor Penjualan

Kompas.com - 03/01/2019, 07:04 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Penjualan PlayStation 4 dan Nintendo Switch di akhir tahun 2018 dikabarkan semakin berjaya. Bahkan dua konsol ini kabarnya mencatatkan rekor penjualan baru.

Paul Hunter, seorang video game dan teknologi editor dari Walmart Kanada adalah orang yang pertama kali mengungkap informasi ini. Paul sendiri memang kerap berkutat dengan data-data penjualan perusahaan teknologi.

Lewat akun Twitternya, Paul berujar bahwa PlayStation 4 berhasil terjual sebanyak lebih dari 90 juta unit, sementara Nintendo Switch terjual 25 juta unit.

Angka ini meningkat dari November lalu di mana Sony mengumumkan penjualan sebanyak 86,1 juta unit. Pada Agustus lalu, Sony memprediksi PS4 bakal mendulang angka penjualan tambahan sebanyak 17 juta unit. Angka itu lebih tinggi ketimbang ramalan sebelumnya yang dipatok 16 juta unit.

Konsol Nintendo Switch sendiri sejatinya telah ditargetkan terjual sebanyak 20 juta unit hingga akhir Maret 2019 ini.

Baca juga: PlayStation 5 Diramal Akan Jauh Lebih Kuat dari PlayStation 4 Pro

Sejak April sampai Juni 2018 lalu, Nintendo berhasil menjual sebanyak 1,88 juta unit selama kuartal kedua (Q2) 2018. Total ada sebanyak 19,67 juta konsol Switch yang terjual secara global.

Nintendo Switch sebelumnya berhasil memecahkan rekor sebagai konsol game yang paling cepat laris di Amerika Serikat (AS). Dalam waktu 10 bulan setelah peluncuran perdananya, Nintendo Switch berhasil terjual sebanyak 4,8 juta unit di AS.

Hasil ini melampaui rekor penjualan konsol game lainnya di AS, termasuk Nintendo Wii yang hanya terjual 4 juta unit dalam kurun waktu yang sama.

Kendati demikian, dikutip KompasTekno dari WCCFTech, Kamis (3/1/2019),mPaul tidak membeberkan secara rinci sumber data tersebut. Ia hanya menekankan bahwa kedua konsol ini mendapat angka penjualan yang memuaskan di tahun 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com