Akankah Game Horor Indonesia "DreadOut" Hadir di PS4?

Kompas.com - 03/01/2019, 09:12 WIB
Game horor DreadOut bikinan pengembang Indonesia. DreadOutGame horor DreadOut bikinan pengembang Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Digital Happiness, developer game asal Bandung, berencana untuk memboyong game PC DreadOut ke platform konsol.

Hal ini disampaikan oleh Rahmat Imron selaku CEO Digital Happiness. Ia mengatakan tertarik menghadirkan game bergenre horor Indonesia ini ke platform selain PC.

"Pengennya kita mau (merambah) ke konsol dulu sih," ujar Imron saat ditemui di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Imron tak menyebut dengan pasti konsol apa saja yang rencananya bakal disambangi, namun dia sempat menyebut konsol Nintendo Switch dan PlayStation 4 (PS4).

Sayangnya, tak semudah itu untuk membawa DreadOut ke konsol, lantaran rencana indah Imron ini terhalang oleh ketidaktersediaan Software Development Kit (SDK) konsol untuk pengembang game di Indonesia.

Sebagai informasi, SDK merupakan satu set aplikasi untuk para developers guna memungkinkan sebuah software atau game berjalan di platform tertentu, dalam hal ini konsol gaming.

Baca juga: Studio Bandung Pengembang DreadOut Siapkan Tiga Game Baru

CEO Digital Happiness, Rahmat ImronKOMPAS.com/ BILL CLINTEN CEO Digital Happiness, Rahmat Imron
Meski SDK tak tersedia, masih ada cara untuk membuat DreadOut bisa dimainkan di konsol game. Pengembang game harus menggaet publisher asing atau bikin kantor di luar Indonesia yang SDK konsolnya sudah tersedia, seperti yang dilakukan beberapa developer game lain asal Indonesia.

"Beberapa developer game asal Indonesia seperti Toge Productions dan Agate sudah merambah ke konsol, seperti Switch dan PS4, karena mereka memang pake publisher luar dan set-up  company di luar," jelas Imron.

Kendati demikian, pihak Digital Happiness masih ingin tetap independen menggarap game DreadOut, yang artinya penggarapannya ke konsol bakal menunggu SDK konsol terkait resmi terlebih dahulu di Indonesia.

"Kami usahakan masih tetap independen sih, sekalipun kita pindah ke konsol," pungkasnya.

Di sisi lain, untuk di platform mobile iOS dan Android, Imron sendiri mengatakan untuk saat ini pihaknya belum tertarik untuk membuat game DreadOut yang bisa dimainkan di ponsel.

Sebagai informasi, DreadOut merupakan game horror buatan Digital Happiness, developer game asal Bandung yang dirilis 2014 silam. Game ini bisa dimainkan di komputer (PC) lewat platform game Steam.

Selain DreadOut, ada juga DreadEye, game serupa besutan Digital Happiness, namun dengan suasana Virtual Reality (VR) yang juga ikut dipampang di Steam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X