Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Kembangkan Teknologi Laser Pengenal Wajah untuk Ponsel

Kompas.com - 03/01/2019, 18:39 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi pengenal wajah sudah umum disematkan banyak vendor smartphone sebagai salah satu fitur keamanan perangkat. Sony pun berencana mengembangkan teknologi tersebut menjadi lebih canggih dengan memanfaatkan laser.

Hal itu disampaikan kepala divisi sensor Sony, Satoshi Yoshihara. Ia mengatakan bahwa Sony akan memproduksi teknologi sensor 3D untuk kamera depan dan belakang.

Dengan mengandalkan teknologi sinar laser, teknologi ini bisa mengenali kontur dan bentuk dengan cara mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memantulkan hasil pindaian laser ke sensor penerima di ponsel.

Baca juga: Apple Jelaskan Cara Kerja Face ID di iPhone X

Prinsip ini mirip dengan kemampuan ekolokasi pada kelelawar yang serupa sonar, yakni memancarkan gelombang suara lalu pantulan gelombang suara yang kembali, akan diterima dan diolah informasinya.

Menurut Sony, metode baru ini akan mampu mengenali kebih banyak detail dari wajah pengguna dan bisa bekerja dari jarak sejauh lima meter.

"Kamera telah merevolusi ponsel, dan dari apa yang telah saya lihat, saya memiliki ekspektasi yang sama akan sensor 3D. Kecepatannya akan berbeda tergantung bidang, tapi kami pasti akan mengadopsi 3D. Saya yakin akan hal itu," jelas Yoshihara.

Dijanjikan lebih akurat dari Face ID iPhone

Teknologi facial recognition atau pengenal wajah mulai populer setelah tersemat di iPhone X tahun 2017 lalu. 

Fitur Face ID memindai wajah dengan kamera "TruthDepth" yang menggunakan 30.000 titik infra merah dan gambar infra merah 2D untuk memetakan wajah pengguna.

Baca juga: Kamera Face ID Sukses Bikin iPhone X Diminati Konsumen

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (3/1/2019), sensor yang dikembangkan Sony menjanjikan pemindaian lebih akurat dan nyata dibanding pemindai 3D di Face ID milik Apple yang kemudian diikuti vendor Android seperti Huawei dan Xiaomi.

Sony sangat berambisi membawa teknologi barunya ke konsumen. Perusahaan asal Jepang itu bahkan membuat situs khusus bernama "Sony Depthsensing Solutions".

Situs ini akan memberikan lebih banyak informasi tentang teknologi sensor depth sensing besutan Sony dan bagaimana teknologi tersebut diimplementasikan ke mobil tanpa awak, drone, robot, dan sebagainya.

Sensor kamera 3D Sony dijadwalkan akan mulai dirilis sekitar pertengahan 2019 dan kemungkinan akan tersemat di beberapa smartphone flagship yang rilis akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com