Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Oppo Ganti Chip MediaTek dengan Snapdragon di R17 dan R17 Pro

Kompas.com - 04/01/2019, 08:41 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sebelumnya menggunakan chipset MediaTek Helio P60 pada seri R15, Oppo memilih untuk kembali menggunakan Snapdragon pada seri penerusnya. Mengapa demikian?

Menurut Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, keputusan ini diambil karena Snapdragon 710 dianggap lebih cocok untuk digunakan pada segmen harga premium. Oppo R17 Pro memang ditujukan untuk segmen kelas atas, namun positioning ponsel ini masih berada di bawah seri Find X.

"Sementara ini kami punya dua vendor untuk prosesor, yakni MediaTek dan Qualcomm. Untuk menyesuaikan kelasnya, kami rasa Snapdragon 710 ini adalah chipset yang tepat untuk seri R," kata Aryo dalam acara peluncuran Oppo R17 Pro di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018).

Ia menambahkan, pada dasarnya seri R yang dirilis Oppo memang selalu menggunakan chipset keluaran Qualcomm. Namun hanya seri R15 saja yang berbeda dengan menggunakan Helio P60.

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Oppo R17 Pro di Indonesia

"Dari dulu seri R selalu menggunakan Snapdragon, hanya di R15 saja yang menggunakan MediaTek," lanjutnya.

Ponsel Oppo R17 Pro sendiri menurut Aryo, ditujukan untuk mengisi segmen harga yang ditinggalkan oleh seri Find X. Mulanya, seri Find X sendiri dijual dengan harga Rp 12,9 juta. Namun saat masa promo berlangsung ponsel ini dijual seharga kurang lebih Rp 10 juta.

Ketika masa promo seri Find X berakhir, maka harga ponsel premium ini kembali normal menjadi Rp 12,9 juta. Karena itulah seri R17 Pro ini masuk untuk mengisi kekosongan pada rentang harga Rp 10 juta.

Oppo R17 Pro sendiri dibanderol dengan harga Rp 9,999 juta. Ponsel ini akan mulai dijual pada 17 Januari mendatang.

Bagi peminat yang ingin memiliki ponsel ini, keran pre-order akan dibuka mulai hari ini, Jumat (4/1/2019) sampai tanggal 16 Januari mendatang di sejumlah toko online seperti Lazada, Jd.id, Shopee, Tokopedia, Blibli hingga Elevenia.

Bagi pembeli yang membeli secara pre order akan mendapatkan potongan harga hingga Rp 1 juta dan aksesoris berupa speaker bluetooth JBL Clip 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com