Oppo R17 Pro Versi Indonesia Tak Dilengkapi Fitur Foto 3D, Mengapa?

Kompas.com - 04/01/2019, 11:31 WIB
Fitur 3D Photos bisa diakses lewat tombol kecil saat kamera diaktifkan. Yudha Pratomo/KompasTeknoFitur 3D Photos bisa diakses lewat tombol kecil saat kamera diaktifkan.

KOMPAS.com - Salah satu fitur yang membedakan Oppo R17 Pro dengan ponsel Oppo lain adalah adanya kamera dengan Time of Light (TOF) 3D Stereo. Kamera ini dapat menangkap gambar secara tiga dimensi.

Namun ternyata, fitur pengambilan foto 3D yang semestinya hadir mendampingi lensa TOF 3D Stereo ini belum diaktifkan. Mengapa demikian?

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, fitur tersebut dianggap sebagai teknologi yang terlalu jauh dan publik belum siap dengan teknologi ini. Selain itu, fitur foto tiga dimensi tersebut juga masih belum sempurna dan butuh banyak pengembangan.

"Untuk TOF, sementara belum kami aktifkan. Karena saya merasa ini adalah satu teknologi yang terlalu jauh," kata Aryo kepada KompasTekno saat acara peluncuran Oppo R17 Pro, Kamis (3/1/2019).

"Belum diperkenalkan (secara umum) tapi sudah kami perkenalkan duluan dan kami masih membuat teknologi itu jadi lebih sempurna," imbuh Aryo.

Kendati demikian, meski fitur foto 3D ini belum hadir pada Oppo R17 Pro yang dirilis di Indonesia, ia tak menutup kemungkinan bahwa ke depannya fitur ini akan diaktifkan lewat pembaruan software.

Baca juga: Menjajal Oppo R17 Pro, Ponsel Cantik dengan Kamera 3 Dimensi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun belum dapat dipastikan kapan fitur ini akan meluncur. Semuanya bergantung pada para pengembang yang menciptakan fitur tersebut.

"Akan ada pembaruan software nantinya kalau kami sudah siap merilis fitur itu. Sekarang belum. Kapan siapnya kami tunggu developer," ungkapnya.

Meski fitur foto tiga dimensi ini absen, bukan berarti lensa TOF 3D Stereo yang ada pada Oppo R17 Pro menjadi sia-sia. Menurut Aryo, lensa tersebut saat ini digunakan ponsel untuk mendeteksi intensitas cahaya objek foto saat proses pengambilan gambar.

"Sementara ini fungsinya hanya untuk membantu melihat cahaya sekitar saat berfoto. Developer menganggap belum sempurna dan belum stabil. Daripada mubazir dan tidak bisa digunakan apa-apa, kami nonaktifkan dulu saja," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.