LG Patenkan Smartwatch Berkamera

Kompas.com - 04/01/2019, 15:58 WIB
Ilustrasi Arloji Pintar Berkamera LG LetsGoDigitalIlustrasi Arloji Pintar Berkamera LG
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

 

KOMPAS.com - Raksasa teknologi Korea Selatan, LG, disinyalir bakal mendatangkan arloji pintar ( smartwatch) berkamera.

Indikasinya terlihat dari paten perangkat LG yang belakangan ini beredar. Dokumen paten yang dirilis pada 20 Desember 2018 olah kantor paten dunia (WIPO) dan AS (USPTO) itu mendeskripsikan perangkat smartwatch dengan kamera terintegrasi.

Paten LG turut menjelaskan mekanisme untuk "menyembunyikan" kamera di dalam bodi arloji pintar tersebut. Pertama, kamera disematkan di sabuk arloji. Bagian sabuk ini bisa digeser-geser untuk menyesuaikan posisinya.

Baca Juga: Samsung Patenkan Smartwatch dengan Pemindai Sidik Jari di Layar

Lalu kamera itu dapat pula disematkan sebagai salah satu bagian rantai sabuk (untuk sabuk berbahan logam). Penempatannya bisa diatur dengan mencopot dan menempelkan bagian rantai yang memuat modul kamera ke sisi lain.

Mekanisme Penempatan Kamera di LG SmartwatchLetsGoDigital Mekanisme Penempatan Kamera di LG Smartwatch

Terakhir, kamera bisa ditempatkan di sebuah klip yang kemudian ditempelkan ke arloji dengan cara menjepit sabuk.

Unit kamera di arloji pintar ini, menurut deskripsi LG dalam patennya, seperti dirangkum KompasTekno dari LetsGoDigital, Jumat (4/1/2019), digunakan untuk hal-hal unik.

Misalnya, memindai makanan dan memperkirakan kandungan kalorinya. Kamera dapat pula dipakai untuk scanning kode QR serta barcode untuk mendapatkan informasi tertentu saat berbelanja.

Sayangnya, meskipun konsepnya mungkin tampak menarik, smartwatch berkamera besutan LG ini masih belum tentu akan benar-benar terwujud karena masih berupa paten.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X