10 Serial TV yang Paling Sering Dibajak Sepanjang 2018

Kompas.com - 05/01/2019, 12:46 WIB
Tokoh Daryl Dixon yang diperankan Norman Reedus dalam serial The Walking Dead, kental akan karakter pria nakal. PINTEREST.COMTokoh Daryl Dixon yang diperankan Norman Reedus dalam serial The Walking Dead, kental akan karakter pria nakal.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - TorrentFreak, blog seputar dunia torrent, merilis daftar 10 serial TV yang paling sering dibajak lewat platform BitTorrent sepanjang tahun 2018 berdasarkan jumlah unduhan.

Kali ini nama-nama serial yang bercokol dalam daftar terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Urutan teratas tak lagi ditempati Game of Thrones besutan HBO, melainkan The Walking Dead dari AMC.

Game of Thrones bahkan tak masuk dalam daftar 10 besar. Namun, hal tersebut tak mengherankan karena TV series itu memang tak menelurkan satu pun episode baru di 2018.

"Episode-episode The Walking Dead diunduh jutaan kali. Serial ini punya pengikut setia dan telah memasuki season kesembilan," tulis TorrentFreak, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Sabtu (5/1/2019).

Sebelumnya, selama enam tahun berturut-turut, Game of Thrones selalu menjadi serial TV paling sering dibajak. Pada 2017 lalu angka unduhan Game of Thrones bahkan mencapai kisaran 90 juta gara-gara jaringan komputer HBO dibobol hacker.

Kembali ke daftar 10 teratas, setelah The Walking Dead, urutan kedua diduduki oleh serial superhero bikinan pesaing Marvel, DC, yakni The Flash. Lalu di peringkat ketiga ada serial komedi situasi (sitkom) yang umurnya sudah hampir 12 tahun, The Big Bang Theory.

Baca Juga: Torrent Tertua di Dunia Masih Online setelah 15 Tahun

Ada pula serial TV yang tak kalah lawas dari sitkom tersebut, Supernatural, yang masih mejeng di tahun ini setelah season pertama disuguhkan di tahun 2005.

Sementara itu, jika dilihat-lihat dari daftar TorrentFreak, ada 3 serial pendatang yang turut bertengger di 10 besar meski baru tayang perdana di tahun 2018 ini, seperti Titans, Westworld, dan Legends of Tomorrow.

"Ranking" yang dipublikasikan oleh TorrentFreak memang tidak menggambarkan angka pembajakan yang sebenarnya secara keseluruhan. Sebagian penonton film bajakan masa kini pun telah beralih menonton lewat layanan streaming gratis, alih-alih mengunduh dari torrent.

Meski demikian, daftar tersebut tetap bisa menunjukkan serial TV mana saja yang paling banyak dicari oleh pembajak di internet. Selengkapnya sebagai berikut.

1. The Walking Dead (2010)
2. The Flash (2014)
3. The Big Bang Theory (2007)
4. Vikings (2013)
5. Titans (2018)
6. Arrow (2012)
7. Supernatural (2005)
8. Westworld (2018)
9. Legends of Tomorrow (2018)
10. Suits (2011)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X