Powerbank Meledak di Pesawat Kembali Terjadi, Video Beredar Viral

Kompas.com - 06/01/2019, 08:11 WIB
.THINKSTOCKPHOTOS .

KOMPAS.com — Sebuah powerbank dilaporkan meledak di dalam pesawat milik maskapai penerbangan Royal Brunei Airlines, Kamis (3/1/2019) pekan ini.

Powerbank tersebut dikabarkan meledak di tengah penerbangan Hong Kong-Bandar Seri Begawan dengan nomor penerbangan BI636. Tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan pengisi daya tersebut bisa meledak dan terbakar di dalam pesawat.

Pihak Royal Brunei Airlines membenarkan peristiwa itu dan mengatakan tidak ada korban jiwa atau penumpang yang terluka atas insiden ini.

Pesawat tersebut juga dilaporkan berhasil mendarat di kota tujuan sesuai jadwal dengan aman.

Menanggapi kejadian ini, pihak Royal Brunei Airlines dalam pernyataan resminya mengatakan bahwa keselamatan penumpang adalah nomor satu bagi mereka, didukung oleh awak pesawat yang profesional.

Baca Juga: Begini Kriteria Powerbank yang Boleh Dibawa Masuk Pesawat

"Awak kabin kami dilatih untuk mengikuti standar operasi prosedur (SOP) untuk menangani insiden seperti itu secara profesional, demi keselamatan penumpang," tulis pihak maskapai.

Dilansir KompasTekno dari Strait Times, Minggu (6/1/2019), Royal Brunei mengingatkan para calon penumpang untuk mengecek barang pribadi yang akan dibawa ke pesawat terlebih dahulu.

Hal itu disebabkan agar barang bawaan sesuai dengan aturan maskapai yang berlaku serta tidak menimbulkan ancaman bahaya, seperti barang yang mudah meledak di atas.

Video sempat viral

Video insiden ini sempat viral di jejaring sosial Facebook, memperlihatkan kepanikan penumpang pesawat Royal Brunei Airlines saat powerbank terbakar dan mengeluarkan asap. Hingga berita ini ditayangkan, video sudah ditonton lebih 234.149 kali di Facebook.

Video singkat tersebut diwarnai dengan hiruk-pikuk penumpang yang menutup bagian mukanya untuk menghindari gangguan asap tipis yang tampak menyebar ke seluruh kabin penumpang, sebagai efek dari ledakan powerbank.

Kru pesawat Royal Brunei juga terlihat siap siaga menenangkan pengguna dan langsung memadamkan kebakaran dengan alat pemadam api.

Penanganan insiden ini pun diapresiasi oleh sang pengunggah video, Francis Ngu Hown Hua. Dia memuji kru maskapai penerbangan tersebut karena profesionalisme dan penanganan insiden daruratnya yang baik dan cepat.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X