Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangsa Pasar Facebook Menurun, Media Sosial Lain Menanjak

Kompas.com - 08/01/2019, 15:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Sejak dirilis tahun 2004, Facebook menjelma menjadi sebuah jejaring raksasa dunia. Facebook menjadi pemimpin dalam perkembangan media sosial,

Secara global, jumlah pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg itu mencapai ksaran 2,27 miliar, terhitung hingga Oktober 2018 lalu. Artinya, hampir 30 persen dari populasi manusia di bumi masih aktif mengakses Facebook.

Dibanding platform media sosial lain seperti Twitter, Pinterest, YouTube, Instagram, Tumblr dan sebagainya, Facebook masih mendominasi hingga saat ini.

Namun dominasi tersebut agaknya semakin menurun. Berdasarkan laporan Statcounter, pangsa pasar Facebook di ranah media sosial secara global sebenarnya ambles dari 75,5 persen pada Desember 2017 ke angka 66,3 persen pada Desember 2018.

Grafik pangsa pasar Facebook sepanjang tahun 2018Forbes Grafik pangsa pasar Facebook sepanjang tahun 2018
Dilihat dari grafik yang tersaji, saat pangsa pasar Facebook menurun tiap bulannya hingga Desember 2018, pangsa pasar media sosial lain justru perlahan merangkak.

Pada bulan Desember 2018, pangsa pasar Pinterest mencapai 16,3 persen, Twitter 8,2 persen, YouTube 4,8 persen, dan Instagram 1,8 persen.

Bulan Juni 2018 menjadi titik terendah Facebook dengan pangsa pasar 63 persen, sementara media sosial lain terlihat ada peningkatan, seperti Pinterest 14,2 persen dan YouTube yang hampir mencapai 10 persen.

Disisir dari cakupan wilayah, penurunan paling tajam terjadi di Amerika Serikat. Kemungkinan skandal penyalahgunaan data pengguna yang terjadi berkali-kali sepanjang tahun 2018, sangat mempengaruhi pangsa pasar Facebook.

Baca juga: 20 Skandal Facebook Sepanjang Tahun 2018

Di AS, pangsa Facebook turun dari 76 persen pada Desember 2017 menjadi 52 persen pada Desember 2018, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Forbes, Rabu (9/1/2019).

Di Negeri Paman Sam, Facebook harus bersaing dengan Pinterest yang menjadi media sosial terbesar kedua dengan pangsa pasar 28 persen dan Twitter 7,4 persen.

Grafik pangsa pasar Facebook dibanding media sosial lain di wilayah AS, Eropa, Asia, dan Afrika.Forbes Grafik pangsa pasar Facebook dibanding media sosial lain di wilayah AS, Eropa, Asia, dan Afrika.
Keadaan cukup berbeda di Eropa, di mana pangsa pasar Facebook cukup stabil dan terjadi peningkatan pengguna aktif bulanan, dari 70 persen pada bulan Juli 2018 naik ke angka 77 persen pada bulan November 2018.

Baca juga: Banyak Skandal Facebook Pada 2018, Zuckerberg Tetap Bangga

Selain di AS, Pinterest juga cukup populer di Eropa dan menjadi media sosial terbesar kedua. Sementara di wilayah Asia, YouTube dan Twitter secara berurutan menjadi yang terpopuler setelah Facebook. Di Afrika, Facebook bersaing dengan tingginya pengguna YouTube di sana.

Baca juga: Jokowi Ternyata Benar-benar Baca Pesan dari Media Sosial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com