Ponsel 5G Samsung Bakal Hadir di AS Pertengahan Tahun Ini

Kompas.com - 09/01/2019, 08:01 WIB
Ilustrasi Poster Samsung dan Sprint 5GGSMArena Ilustrasi Poster Samsung dan Sprint 5G

KOMPAS.com - Operator-operator seluler di Amerika Serikat agaknya berminat menggandeng Samsung sebagai rekanan peluncuran jaringan 5G yang mulai bergulir di Negeri Paman Sam.

Sprint, misalnya, pada pekan ini mengumumkan rencana untuk menghadirkan smartphone 5G dari Samsung pada musim panas atau sekitar pertengahan tahun 2019.

Dalam keterangan tertulisnya, Sprint mengatakan ponsel 5G Samsung itu nantinya bakal mempu terhubung baik ke jaringan 5G Sprint maupun jaringan 4G LTE sang operator.

"Samsung adalah salah satu penyedia infrastruktur Massive MIMO 5G kami, jadi kami senang mereka akan turut menyediakan salah satu ponsel 5G pertama kami," ujar Chief Technology Officer Sprint John Saw dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Samsung Galaxy S10 Versi 5G Hanya Akan Hadir di Dua Negara Ini?

Tak diterangkan ponsel 5G tipe apa tepatnya dari Samsung yang akan diboyong ke AS. Namun, kemungkinan sang perangkat itu tak lain merupakan Galaxy S10 yang disinyalir memang memiliki varian 5G.

Jaringan 5G menawarkan serangkaian kelebihan dibanding 4G LTE, termasuk dalam hal latency yang sangat singkat dan kecepatan hingga 100 kali lebih tinggi.  

Sprint sendiri berencana mulai menggelar jaringan 5G di sembilan kota di AS, yakni Atlanta, Chicago, Dallas, Houston, Kansas City, Los Angeles, New York City, Phoenix, dan Washington DC, pada paruh pertama 2019.

Langkah Sprint mirip dengan yang lebih dulu dillakukan oleh operator seluler lain, Verizon, pada Desember lalu. Verizon ketika itu berjanji akan mulai memboyong ponsel 5G Samsung pada 2019. AT&T juga belakangan mengumumkan hal yang sama.

Baca Juga: iPhone 5G Baru Akan Hadir di 2020?

Selain dengan Samsung, seperti dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (9/1/2019), Sprint turut menggandeng pabrikan gadget lain untuk program jaringan 5G besutannya, termasuk LG dan HTC.

Sementara itu, Apple selaku pabrikan ponsel asli Amerika Serikat kabarnya justru belum mau menelurkan ponsel 5G pada 2019. iPhone dengan dukungan 5G diprediksi baru akan hadir pada 2020.


EditorOik Yusuf
SumberReuters

Close Ads X