Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cermin Pintar Ini Bisa Dikendalikan dengan Suara

Kompas.com - 09/01/2019, 09:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan bernama Capstone Connected Home mengumumkan cermin pintar alias "Smart Mirror". Perangkat unik tersebut diungkap dalam acara Consumer Electronics Show (CES) yang sedang berlangsung di Nevada, AS, pekan ini.

Wujud sang Cermin Pintar seperti komputer dari masa depan dengan layar yang terselip di belakang bagian kaca reflektif, seolah-olah semi transparan.

Dengan begitu, pengguna masih bisa memanfaatkan perangkat sebagai cermin, namun juga bisa melihat apa yang ditampilkan dalam layar tersebut, misalnya hasil penelurusan Google.

Smart Mirror besutan Capstone memang menjalankan varian sistem operasi Android dan bisa menjalankan berbagai aplikasi dari Play Store. Ia juga dibekali dengan software asisten pintar Google Assistant sehingga dapat diperintah dengan suara.

Baca juga: Smart Assistant, Robot Serupa Asisten Iron Man Bikinan Lenovo

Menariknya, Smart Mirror ini bisa mengidentifikasi suara enam orang berbeda, misalnya antar anggota keluarga di rumah. Pengguna juga bisa mengatur akun Google agar Smart Mirror bisa menyesuaikan hasil pencarian dengan preferensi masing-masing orang.

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Rabu (9/1/2019), Capstone Connected Home belum  berapa banderol untuk perangkat mutakhir ini.

Sang pabrikan mengatakan akan mulai menjual Smart Mirror model 19 x 22 inci pada kuartal pertama tahun 2019, yang nantinya akan disusul dengan model ukuran lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com