TV Pintar Samsung Keluaran Terbaru Bisa Akses Konten Apple iTunes

Kompas.com - 09/01/2019, 19:41 WIB
Samsung Smart TV bakal dukung iTunes Movies and TV Shows.Samsung Samsung Smart TV bakal dukung iTunes Movies and TV Shows.

KOMPAS.com - Pengguna Samsung Smart TV bakal kebagian aplikasi “ iTunes Movies and TV Shows” pada kuartal kedua II-2019 mendatang. Hal ini diumumkan Samsung lewat situs resminya.

Namun perlu dicatat, dukungan ini hanya berlaku untuk Samsung Smart TV keluaran 2018 dan 2019. Bukan cuma itu, pengguna juga bisa memanfaatkan jaringan nirkabel antar-perangkat Apple AirPlay 2.

Ini adalah kali pertama Apple membuka akses dari perangkat brand lain ke layanannya. Ada beberapa konsekuensi dari kemitraan ini.

Di satu sisi, pengguna Samsung Smart TV memiliki alternatif tontonan film dan serial yang lebih banyak. Ini bakal menambah nilai jual Samsung Smart TV di mata para movie-addict.  

Diketahui, Apple telah menginvestasikan 1 miliar dollar AS (Rp 14 triliun) untuk memproduksi konten orisinil di iTunes Movies and TV Shows.

Baca juga: Apple iTunes Kini Tersedia di Toko Aplikasi Microsoft

Apple pun mendapat keuntungan dari segi penetrasi pengguna iTunes Movies dan TV Shows. Cita-cita Apple menyaingi Netflix, Hulu, Amazon Premium, dkk pun bisa dibilang punya harapan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (9/1/2019), dari Anandtech.

Di sisi lain, hal ini akan merugikan Apple dari segi penjualan hardware. Pengguna tak perlu lagi membeli perangkat Apple, misalnya Apple TV, untuk menyaksikan tayangan di iTunes Movies and TV Shows.

Dari segi teknis, masih ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan. Misalnya saja fakta bahwa lini Samsung Smart TV belum mendukung teknologi Dolby Vision. Hal ini tentu berdampak pada pengalaman menonton konten HDR yang disediakan Apple.

Samsung belum banyak bicara soal teknis. Kita tunggu saja bagaimana kemitraan Samsung dan Apple ini bisa menguntungkan keduanya dan juga pengguna.



Close Ads X