Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel dan Facebook Berkolaborasi Kembangkan Prosesor AI "Nervana"

Kompas.com - 10/01/2019, 10:21 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua raksasa di dunia teknologi, Intel dan Facebook, mengumumkan kolaborasi pengembangan prosesor khusus untuk mengolah kecerdasan buatan alias AI.

Peryataan tersebut disampaikan oleh Intel dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, pekan ini.

Prosesor tersebut nantinya akan dipakai menangani "inference", yakni penerapan AI di media sosial setelah "dilatih" (training, dalam proses deep learning), seperti untuk melakukan tagging teman di foto unggahan secara otomatis.

Bernama lengkap "Nervana Neural Network Processor (NNP-I)", prosesor tersebut dibuat dengan fabrikasi 10nm dan dioptimalkan untuk proses pengenalan gambar.

Baca juga: Pentagon Terungkap Khawatir Perkembangan Artificial Intelligence

Kinerjanya dijanjikan jauh lebih tinggi dibandingkan solusi AI berbasis kartu grafis seperti yang ditawarkan oleh Nvidia. 

"Chip inference generasi baru yang sangat disesuaikan untuk tugasnya ini akan menghasilkan lompatan besar dalam akselerasi tugas-tugas terkait inference," sebut Facebook dalam sebuah pernyataan.

Dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Kamis (10/1/2018), rencananya prosesor NNP-I hasil kerjasama Facebook dan Intel akan mulai diproduksi tahun ini. 

Intel diketahui mendominasi pasaran chip inference yang diproyeksikan bakal bernilai 11,8 miliar dollar AS pada 2021 mendatang.

Baca juga: Smartphone Kekinian Dilengkapi AI, Apa Gunanya?

Namun, belakangan pabrikan chip lain telah mulai masuk ke pasaran tersebut sehingga mengancam posisi Intel.

Nvidia, mislanya, pada September 2018 lalu meluncurkan platform inference TensorRT. Begitu juga dengan Amazon.

Namun, berbeda dari Intel dan Nvidia, Amazon tidak menjual sendiri chip inference buatannya, tapi menawarkan layanan via cloud ke klien. Layanan cloud ini berjalan di atas server yang menggunakan chip Amazon.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com