Tokopedia Angkat Mantan Gubernur BI Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama

Kompas.com - 10/01/2019, 10:36 WIB
Mantan Gubernur BI, Agus Wartomardojo resmi menjabat sebagai Komisaris Utama TokopediaDok. Tokopedia Mantan Gubernur BI, Agus Wartomardojo resmi menjabat sebagai Komisaris Utama Tokopedia

KOMPAS.com — Mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo kini resmi menjadi salah satu petinggi di Tokopedia. Pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai menteri keuangan ini didaulat sebagai Komisaris Utama.

Menurut CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Agus Martowardojo memiliki pengalaman yang sejalan dengan Tokopedia.

Sebelum menjadi Gubernur BI, Agus pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan (2010-2013) di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri (2005-2010).

"Pengalaman dan kearifan Pak Agus Martowardojo akan sangat berharga dalam membina para pemimpin dan institusi Tokopedia untuk menjadi perusahaan teknologi kelas dunia," ungkap William melalui keterangan tertulisnya kepada KompasTekno, Kamis (10/1/2019).

Baca juga: Tokopedia Umumkan Mendapat Suntikan Dana Rp 16 Triliun

"Kehadiran Pak Agus akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10, mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital," lanjut William.

Sementara itu, Agus menyatakan bahwa Tokopedia konsisten dalam memberdayakan masyarakat melalui teknologi. Hal ini berpengaruh pada perekonomian Indonesia yang dapat terus tumbuh.

"Saya melihat Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi sehingga ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh secara kuat, seimbang, dan berkesinambungan," ungkap Agus.

Tokopedia saat ini menjadi salah satu start-up asal Indonesia yang meraih predikat unicorn, alias valuasinya melebihi 1 millar dollar AS.

Apalagi, pada akhir tahun lalu, marketplace online itu baru saja mendapat kucuran dana segar dengan angka total 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 16 triliun.

Pendanaan ini dipimpin SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

Dengan masuknya pendanaan baru itu, angka valuasi Tokopedia ditaksir bisa mencapai sekitar 7 miliar dollar AS atau setara Rp 102 triliun.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X