Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemindai Wajah di Puluhan Ponsel Ini Bisa Dibobol dengan Foto

Kompas.com - 10/01/2019, 12:14 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem keamanan smartphone yang semula menggunakan sensor sidik jari kini mulai beralih ke sensor pengenalan wajah. Tak sedikit vendor yang menjadikan fitur "face unlock" sebagai salah satu nilai jual.

Namun, ternyata fitur yang digadang-gadang lebih bisa diandalkan dibanding fingerprint scanner ini tak sepenuhnya menjamin keamanan smartphone dari tangan jahil.

Dari hasil penelitian organisasi perlindungan konsumen di Belanda (Dutch Consumentenbond Organization), ada sebanyak 42 dari 110 smartphone dengan memiliki fitur pemindai wajah yang dapat dikelabui menggunakan foto.

Menurut hasil pengujian, sebagian besar ponsel yang dapat dikelabui adalah smartphone dengan rentang harga murah. Namun,i ada juga beberapa tipe ponsel kelas atas yang bisa dikibuli seperti HTC U11 Plus, Huawei P20 Pro, dan seri Sony Xperia XZ2.

Baca juga: Sony Kembangkan Teknologi Laser Pengenal Wajah untuk Ponsel

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Kamis (10/1/2019), pengujian ini tak terbatas hanya pada beberapa produsen saja. Beberapa brand besar seperti Blacberry, Huawei, Lenovo, Nokia, Sony, Samsung, hingga Xiaomi juga ikut diuji.

Dari hasil pengujian, ada beberapa perangkat kelas atas yang ternyata dapat dikelabui menggunakan foto beresolusi tinggi. Seperti misalnya Blackberry Key2, Huawei P20, dan Nokia 7.1.

Sementara sisanya, kebanyakan berasal dari kelas menengah dan bawah seperti Xiaomi Mi A2, Samsung Galaxy J8, Nokia 5.1, dll.

Perlu diketahui, dalam daftar ini sebagian besar ponsel yang tidak dapat dikelabui memang memiliki hardware berupa pemindai khusus untuk pengenalan wajah. Contohnya jajaran iPhone 2018, yakni iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR.

Ponsel mana saja yang pemindai wajahnya bisa dikibuli dengan foto? Berikut tabel selengkapnya dari hasil pengujian yang dilakukan lembaga perlindungan konsumen di Belanda.

Daftar ponsel yang fitur face unlocknya bisa dikelabui. Android Authority Daftar ponsel yang fitur face unlocknya bisa dikelabui.

Daftar smartphone yang fitur face unlocknya bisa dikelabui. Android Authority Daftar smartphone yang fitur face unlocknya bisa dikelabui.

Daftar ponsel yang fitur face unlocknya bisa dikelabuiAndroid Authority Daftar ponsel yang fitur face unlocknya bisa dikelabui
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com