Xiaomi Beli Saham Pabrik Perakit BlackBerry

Kompas.com - 10/01/2019, 13:03 WIB
Xiaomi investasi di pabrik perakit BlackBerry. Mobile SyrupXiaomi investasi di pabrik perakit BlackBerry.

KOMPAS.com - Xiaomi membeli 0,48 persen saham perusahaan elektronik Shenzhen, TCL, senilai 167 juta yuan (Rp 344 miliar). TCL merupakan produsen smartphone untuk merek BlackBerry dan Alcatel.

Dengan ini, Xiaomi dan TCL bisa saling membantu mengembangkan produk dan bisnis secara keseluruhan. Salah satu implementasinya adalah berbagi sumber daya masing-masing, mulai dari riset hingga rantai suplai.

Pendiri sekaligus CEO Xiaomi, Lei Jun mengungkapkan harapannya agar kemitraan dengan TCL berdampak positif bagi bisnis perangkat rumah tangga pintar (home appliances business) yang tengah digencarkan Xiaomi.

Pasalnya, TCL sudah mapan sebagai produsen segala barang elektronik. Portofolio produknya banyak, mulai dari televisi, penyejuk udara, mesin cuci, kulkas, hingga peralatan listrik kecil.

Baca juga: BlackBerry Resmi Diserahkan ke TCL, Indonesia Tetap BB Merah Putih

Sebaliknya, untuk urusan smartphone, justru TCL yang butuh bantuan Xiaomi. Bukan tak mungkin teknologi-teknologi andal Xiaomi bakal ditemukan di seri BlackBerry dan Alcatel nantinya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (10/1/2019), dari DigitalTrends.

Xiaomi memang lebih dikenal sebagai vendor ponsel, mengingat bisnisnya bermula dari situ. Belakangan Xiaomi mulai merambah sektor home appliances sebagai bagian implementasi “Internet of Things”.

Meski belum semasif bisnis ponsel, pertumbuhan bisnis home appliances Xiaomi cukup baik. Menurut Mobile World Live, Xiaomi telah menghubungkan 132 juta perangkat pintar (di luar ponsel dan laptop) pada September 2018.

Akankah kolaborasi Xiaomi dan TCL menguatkan posisi masing-masing? Kita lihat saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X