Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ponsel "Flagship" LG Tak Lagi Dapat Update Keamanan

Kompas.com - 10/01/2019, 13:35 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Dua ponsel flagship LG kabarnya bakal dihentikan dukungan update keamanannya. Kedua ponsel tersebut adalah LG G5 dan LG V20.

Informasi ini terendus dari sebuah buletin keamanan yang dirilis oleh LG secara berkala. Nama LG G5 dan LG V20 tidak lagi tercantum pada halaman tersebut, sehingga besar kemungkinan LG memang bakal menghentikan pembaruan keamanan untuk dua ponsel ini.

Hal ini seharusnya tidak mengejutkan, karena baik LG G5 maupun LG V20 keduanya sudah berusia 3 tahun sejak dirilis pada 2016 lalu.

Produsen ponsel Android memang memberikan dukungan keamanan dalam jangka waktu sekitar 2 atau 3 tahunan sejak ponsel dirilis. Pasalnya setiap vendor rekanan Google yang memasarkan ponsel Android, memiliki kewajiban untuk memberikan pembaruan sistem keamanan setidaknya selama dua tahun.

Setelah lebih dari dua tahun, barulah vendor tersebut diperbolehkan untuk memutuskan apakah akan terus mendistribusikan pembaruan keamanan atau tidak.

Baca juga: Banyak Vendor Android yang Bohong soal Update Keamanan

Namun meski pembaruan untuk seri G5 dan V20 dihentikan, LG masih akan memberi update keamanan untuk beberapa seri lainnya, seperti LG G6, G7, V30, V35, V40 LG seri CV, seri LV, LG Stylo dan smartphone dari keluarga seri Q.

Dikutip KompasTekno dari Ubergizmo, Kamis (10/1/2019) dengan dihentikannya update keamanan ini, pengguna disarankan untuk mulai beralih ke ponsel yang lebih baru agar tetap mendapatkan update software dan sistem keamanan.

LG sendiri biasanya merilis dua ponsel flagship dalam kurun waktu satu tahun. Flagship seri G dirilis pada awal tahun, sementara flagship seri V dirilis pada akhir tahun.

Namun baru-baru ini, LG diberitakan tengah menyiapkan sebuah seri flagship anyar dengan kode "Alpha". Konon ke depannya LG tidak akan lagi memproduksi seri G mengingat penjualannya yang mengecewakan.

Baca juga: LG Siapkan Lini Ponsel Kelas Atas Berkode Alpha?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com