Dua Ponsel "Flagship" LG Tak Lagi Dapat Update Keamanan

Kompas.com - 10/01/2019, 13:35 WIB
Sisi depan LG G5 SE Oik Yusuf/ KOMPAS.comSisi depan LG G5 SE

KOMPAS.com - Dua ponsel flagship LG kabarnya bakal dihentikan dukungan update keamanannya. Kedua ponsel tersebut adalah LG G5 dan LG V20.

Informasi ini terendus dari sebuah buletin keamanan yang dirilis oleh LG secara berkala. Nama LG G5 dan LG V20 tidak lagi tercantum pada halaman tersebut, sehingga besar kemungkinan LG memang bakal menghentikan pembaruan keamanan untuk dua ponsel ini.

Hal ini seharusnya tidak mengejutkan, karena baik LG G5 maupun LG V20 keduanya sudah berusia 3 tahun sejak dirilis pada 2016 lalu.

Produsen ponsel Android memang memberikan dukungan keamanan dalam jangka waktu sekitar 2 atau 3 tahunan sejak ponsel dirilis. Pasalnya setiap vendor rekanan Google yang memasarkan ponsel Android, memiliki kewajiban untuk memberikan pembaruan sistem keamanan setidaknya selama dua tahun.

Setelah lebih dari dua tahun, barulah vendor tersebut diperbolehkan untuk memutuskan apakah akan terus mendistribusikan pembaruan keamanan atau tidak.

Baca juga: Banyak Vendor Android yang Bohong soal Update Keamanan

Namun meski pembaruan untuk seri G5 dan V20 dihentikan, LG masih akan memberi update keamanan untuk beberapa seri lainnya, seperti LG G6, G7, V30, V35, V40 LG seri CV, seri LV, LG Stylo dan smartphone dari keluarga seri Q.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip KompasTekno dari Ubergizmo, Kamis (10/1/2019) dengan dihentikannya update keamanan ini, pengguna disarankan untuk mulai beralih ke ponsel yang lebih baru agar tetap mendapatkan update software dan sistem keamanan.

LG sendiri biasanya merilis dua ponsel flagship dalam kurun waktu satu tahun. Flagship seri G dirilis pada awal tahun, sementara flagship seri V dirilis pada akhir tahun.

Namun baru-baru ini, LG diberitakan tengah menyiapkan sebuah seri flagship anyar dengan kode "Alpha". Konon ke depannya LG tidak akan lagi memproduksi seri G mengingat penjualannya yang mengecewakan.

Baca juga: LG Siapkan Lini Ponsel Kelas Atas Berkode Alpha?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.