Kamera Mirrorless "Full Frame" Panasonic Mulai Dijual Akhir Maret - Kompas.com

Kamera Mirrorless "Full Frame" Panasonic Mulai Dijual Akhir Maret

Kompas.com - 10/01/2019, 18:10 WIB
Kamera mirrorless full-frame Panasonic S1R.Panasonic Kamera mirrorless full-frame Panasonic S1R.

KOMPAS.com - Pada September 2018 lalu, Panasonic mengumumkan pengembangan duo produk kamera mirrorless dengan sensor full-frame, Lumix S1 dan S1R. Kini, jadwal rilis keduanya telah ditetapkan pada akhir Maret mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Panasonic dalam gelaran eksebisi Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, pekan ini.

Baca juga: Panasonic Umumkan 2 Mirrorless "Full-frame" Pertama, S1 dan S1R

Lumix S1 dan S1R merupakan dua kamera mirrorless pertama dari Panasonic yang dibekali sensor full-frame dengan dimensi setara film 135.

Ukuran fisik sensor ini jauh lebih besar dibandingkan sensor micro four-thirds yang dipakai Panasonic di kamera mirrorless sebelumnya, yakni seri G, GH, GX, dan GF. Karena itu, hasil jepretan Lumix S1 dan S1R pun mestinya lebih bagus.

Panasonic S1R masih berupa prototype untuk saat ini.Panasonic Panasonic S1R masih berupa prototype untuk saat ini.

Kedua kamera baru tersebut menggunakan sistem mounting lensa baru bernama L-Mount yang dikembangkan bersama oleh Panasonic, Leica, dan Sigma.

Panasonic diketahui turut membenamkan serangkaian fitur anyar di Lumix S1 dan S1R, misalnya dukungan hybrid gamma log (HGL dari stasiun BBC dan NHK. Format ini memungkinkan perekaman gambar dengan rentang dynamic range yang luas.

Baca juga: Masuk Indonesia, Kamera Mirrorless Panasonic Lumix G9 Dibanderol Rp 22 Juta

Ada juga teknologi autofokus depth-from-defocus (DFD) Panasonic, dual-image stabilization, dual-card slot untuk kartu memori XQD dan SD, perekaman video 4K dengan frame rate 60 FPS, serta layar LCD tiltable 3-axis.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (10/1/2018), masih belum ada informasi harga maupun detil spesifikasi dari Lumix S1 dan S1R. Ada dugaan Panasonic akan mengungkap kedua hal itu di arena CES 2019 dalam beberapa hari ke depan.



Close Ads X