Sharp Pamer Kamera Mirrorless dengan Fitur Video 8K

Kompas.com - 11/01/2019, 11:44 WIB
Ilustrasi Sharp 8K Video CameraDigitalTrends Ilustrasi Sharp 8K Video Camera

KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Jepang, Sharp, biasanya memamerkan TV dan alat elektronik lainnya di ajang pameran tahunan CES.

Namun, di CES 2019 kali ini, mereka ternyata juga memamerkan sebuah kamera mirrorless dangan kemampuan merekam video hingga resolusi 8K (7.680 x 4.320 piksel).

Kamera mirrorless 8K tersebut konon merupakan hasil kerja sama Sharp dengan Foxconn, raksasa manufaktur China

Nama produk kamera 8K Sharp masih belum diketahui lantaran ia kini masih berbentuk purwarupa (prototype). Yang jelas, julukannya dari Sharp adalah "8K Video Camera".

Dari penampakan luarnya, kamera ini memiliki layar touchscreen selebar 5 inci. Di dalamnya tertanam sensor CMOS Micro Four-Thirds dengan dukungan image stabilization.

Berbekal codec H.265, Kamera mirrorless Sharp tersebut sanggup merekam video hingga resolusi 8K dengan frame rate 30 FPS.

Baca Juga: Televisi 8K dari Sharp Seharga Mobil

Sharp kabarnya sedang berupaya untuk mendongkrak angka frame rate itu hingga mencapai 60 FPS di resolusi 8K.

Ada pula fitur konektivitas seperti slot SD Card, colokan HDMI, USB-C, 3.5mm headphone jack, microphone input, dan port mini XLR untuk audio

Menariknya, kamera ini disinyalir memiliki banderol harga di bawah 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 70 jutaan. Apabila benar, maka ia akan menjadi kamera termurah dengan kemampuan video 8K.

Sebagai perbandingan, kamera DSMC2 Helium 8K S35 bikinan Red dipatok di harga 24.500 dollar AS atau sekitar Rp 344 jutaan. Tapi memang produk dari Red ini merupakan kamera kelas sinema dan memiliki ukuran sensor yang lebih besar (Super 35).

Informasi selengkapnya dari kamera mirrorless 8K bikinan Sharp kabarnya bakal dibeberkan di eksebisi NNational Association of Broadcasters (NAB) bulan April mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Jumat (10/1/2019)



Close Ads X