Apple Mulai Pangkas Produksi iPhone Terbaru

Kompas.com - 12/01/2019, 10:57 WIB
Logo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS.The Verge Logo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS.

KOMPAS.com - Angka penjualan iPhone yang meredup membuat Apple harus memutar otak. Setelah menurunkan target pendapatan di awal 2019, Apple dikabarkan akan memangkas produksi iPhone hingga 10 persen.

Kabar ini terungkap setelah Apple meminta meminta kepada para penyuplai untuk membuat iPhone dalam jumlah yang lebih sedikit dari rencana awal untuk kuartal pertama (Q1) 2019.

Menurut laporan, pengurangan jumlah produksi ini akan mencakup semua lini iPhone baru yakni XS, XS Max dan XR.

Tak hanya itu, iPhone model lama juga ditengarai akan terkena dampak dari pengurangan jumlah produksi ini.

Saat ini Apple dikabarkan menargetkan produksi sekitar 40 juta hingga 43 juta unit iPhone selama Januari hingga Maret. Padahal sebelumnya, perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini menargetkan angka produksi sekitar 47 juta hingga 48 juta unit pada kuartal pertama.

"Tingkat revisi ini berbeda untuk setiap pemasok, dan bergantung pada produk yang mereka suplai," ungkap seorang sumber yang tak ingin disebut identitasnya, seperti dikutip KompasTekno dari Apple Insider, Sabtu (12/1/2019).

Angka ini memperlihatkan adanya penurunan year-on-year dengan persentase lebih dari 20 persen jika dibandingkan tahun 2018 lalu. Pada kuartal pertama tahun 2018, Apple bisa menjual sekitar 52,21 juta unit iPhone dalam periode yang sama.

Baca juga: Bocoran Tampang Aneh iPhone XI dengan Tiga Kamera Zig-zag

Ini merupakan kedua kalinya Apple memangkas target produksi iPhone. Pada November 2018 lalu, Apple diketahui membatalkan rencana peningkatan produksi iPhone XR kepada mitra perakit yakni Pegatron dan Hon Hai Precision Industry.

Baca juga: Imbas Perang Dagang, Pabrikan Chip Eksodus dari China

Turunnya minat pembeli pada ponsel iPhone memang telah diprediksi oleh beberapa pihak. Menurut Citi Research pada akhir tahun lalu, setiap tahun iPhone dianggap semakin minim inovasi. Dampaknya, pasar semakin lesu dan tidak begitu tertarik dengan apa yang ditawarkan Apple pada iPhone.

Dari penelitian yang dilakukan Citi Research, angka indeks ketertarikan masyarakat pada iPhone mencapai titik terrendah pada trio iPhone yang dirilis 2018 kemarin. Bahkan angka indeks ketiga iPhone terbaru ini tak dapat melampaui angka iPhone 6s dan 6s Plus.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X