AMD Radeon VII, Kartu Grafis "Gaming" Pertama dengan Arsitektur 7 nm

Kompas.com - 13/01/2019, 15:25 WIB
CEO AMD, Lisa Su. EngadgetCEO AMD, Lisa Su.

.KOMPAS.com - Ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat, awal Januari 2019 turut dimanfaatkan AMD untuk memperkenalkan kartu grafis baru bernama Radeon VII (seven) untuk segmen consumer.

Kartu grafis ini dibekali chip pengolah grafis ( GPU) Vega 20 kelas profesional yang dibuat dengan proses fabrikasi 7nm. Hanya saja, jumlah compute units yang aktif dipotong dari 64 buah menjadi 60 buah dengan kecepatan boost hingga 1,8 GHz.

Dengan demikian, Radeon VII menjadi kartu grafis pertama untuk konsumen umum yang dibekali GPU berarsitektur 7nm.

AMD sebenarnya sudah merilis GPU Vega 20 lewat kartu grafis bertajuk Radeon Instinct varian M150 dan M160 pada 2018 lalu. Keunggulannya sama, kartu grafis itu dikhususkan untuk perangkat komputasi profesional non-konsumen.

Baca juga: AMD Kenalkan GPU 7 nm Pertama, Bukan Buat Game

Kembali ke Radeon VII, AMD mengklaim GPU 7nm di dalamnya memungkinkan pengalaman bermain game lebih gesit sekitar 25 persen dibandingkan model Radeon sebelumnya. Meski demikian, konsumsi dayanya disebut tetap sama di kisaran 300 W.

Performa Radeon VII juga high bandwidth memori (HBM) berkapasitas 16GB dengan bus width 4.096-bit, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (13/1/2019), dari Anandtech.

Saat Radeon VII diperkenalkan di atas panggung, CEO AMD, Lisa Su, mendemokan penjajalan kartu grafis tersebut untuk bermain Devil May Cry 5 di resolusi 4K dengan frame rate 60 FPS.

Demo tersebut memperlihatkan permainan yang mengalir lancar tanpa ada gangguan atau visual patah-patah. 

Radeon VII rencananya akan mulai tersedia di pasaran per 7 Februari 2019 mendatang. Harganya dibanderol 699 dollar AS (Rp 9,8 jutaan). Di dalam boks, pembeli bakal diberikan bonus game Devil May Cry 5, Resident Evil 2, serta The Division 2.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber AnandTech
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X