Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napak Tilas Satu Dekade Samsung Galaxy

Kompas.com - 14/01/2019, 19:14 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun ini, seri Samsung Galaxy genap berusia 10 tahun. Samsung Galaxy menjadi lini paling populer di jagad gagdet dan sempat menjadi kiblat perkembangan smartphone.

Jauh sebelum era smartphone muncul, para perakit ponsel Samsung di pabrik Suwon, Korea Selatan, mencoba mengotak-atik setiap elemen pada ponsel yang akhirnya menjadi tren teknologi mobile hari ini.

Dari situ, Samsung telah melihat potensi untuk memperluas fungsi ponsel dari penggunaan terbatas ke perangkat multi fungsi.

Tak hanya ponsel saja sebenarnya, jauh sebelum tren smartwatch yang banyak ditelurkan para vendor saat ini, tahun 1999, Samsung juga telah mengembangkan teknologi bernama watch phone untuk meningkatkan produktivitas secara mobile.

Kemudian tahun 2002, Samsung meluncurkan True Color Phone, dengan menghadirkan layar ponsel LCD dari warna monokrom menjadi wara matrik aktif. Tahun 2006, Samsung meluncurkan B600 yang diklaim sebagai kamera ponsel super pertama di dunia.

Ponsel ini dibekali kamera digital 10 megapiksel dengan panjang lensa 3x optical zoom.

Lahirnya seri Galaxy

Samsung GT-I7500GSM Arena Samsung GT-I7500

Inovasi-inovasi ini kemudian menjadi DNA Samsung untuk menelurkan seri lini Galaxy yang kita kenal saat ini. Kelahiran Samsung Galaxy ditandai peluncuran Samsung GT-I7500 Galaxy pada bulan April 2009.

Berbeda dengan pesaingnya, iPhone besutan Apple, Samsung lebih terbuka dalam berkolaborasi. Alhasil, vendor Korea Selatan ini bekerja sama dengan piranti lunak Android bikinan Google saat meluncurkan GT-I7500 dan menjadi ponsel pertama Samsung yang berjalan di perangkat Android 1.5 Cupcake.

Setahun setelahnya, lini Galaxy S series menyusul, masuk sebagai lini flagship Samsung dengan teknologi kelas atas dibanding seri Samsung lain. Salah satunya adalah GPU yang lebih bertenaga, layar Super AMOLED 4 inci, dan kamera 5 megapiksel.

Samsung Galaxy S menjadi blueprint untuk tren baru smartphone sebagai perangkat mobile yang memberikan banyak fasilitas dan kemudahan dalam berkegiatan sehari-hari. Kecanggihan Galaxy S Series dilanjutkan penerusnya yakni Galaxy SII dan Galaxy SIII.

Dari tahun ke tahun, Samsung terus mencoba infovasi baru di lini Galaxy unggulannya. Beberapa masih bisa dilihat hingga saat ini, seperti layar lengkung di pinggir yang dalam bahasa Samsung disebut "edge screen".

Halaman selanjutnya: Filosofi Galaxy

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com