Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Oppo Keluaran 2019 Bisa Dicas Tanpa Kabel?

Kompas.com - 15/01/2019, 07:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Ponsel bikinan Oppo di masa depan disinyalir bakal memiliki fitur Qi Wireless Charging. Hal ini diketahui dari munculnya nama perusahaan "Guangdong Oppo Mobile Telecommunications Corp", alias Oppo dalam daftar anggota konsorsium di situs Wireless Power Consortium (WPC).

Belum diketahui pasti sejak kapan nama Oppo dimasukkan ke dalam daftar keanggotaan WPC, namun Oktober 2018 silam, Oppo diketahui telah mengajukan paten terkait wireless charging 15W. Belum ada ponsel Oppo yang mengusung fitur ini hingga sekarang.

Jika benar bahwa Oppo sudah menjadi anggota konsorsium WPC, maka ponsel-ponsel Oppo di masa depan kemungkinan besar akan mendukung fitur Qi Wireless Charging, sebagaimana ponsel flagship Samsung Galaxy S9 dan Apple iPhone X.

Selain itu, pabrikan OnePlus juga kemungkinan akan mengikuti langkah Oppo terkait penggunaan teknologi Qi wireless charging di ponselnya, mengingat vendor tersebut merupakan "sister company" dari Oppo.

Baca Juga: Wireless Charging Bikin Baterai iPhone Bocor

Ponsel penerus Oppo Find X atau OnePlus 7/7T diprediksi jadi yang pertama yang mendukung fitur demikian, dan bisa jadi meluncur pada tahun ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (15/1/2019).

Sebagai informasi, Wireless Power Consortium (WPC) adalah wadah untuk berbagai pengembang dan pabrikan untuk berkolaborasi demi memunculkan fitur pengisi daya nirkabel di perangkat mereka.

Vendor-vendor besar seperti Apple, Samsung, Huawei, ZTE, Panasonic, Sony, dan lain-lain, diketahui telah terdaftar menjadi anggota WPC dan beberapa ponsel bikinannya pun telah mendukung Qi Wireless Charging.

Sementara ponsel terbaru dari Oppo dan OnePlus sendiri, seperti Oppo Find X atau OnePlus 6T, diketahui belum mendukung fitur wireless charging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com