Kompas.com - 15/01/2019, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Samsung dan Apple mengambinghitam kan perang dagang China dan Amerika Serikat sebagai salah satu penyebab penurunan penjualan smartphone sepanjang 2018. Fenomena tersebut diprediksi berlanjut hingga kuartal pertama (Q1) 2019.

Analis dari perusahaan perbankan, Credit Suisse, menyebut produksi smartphone global secara keseluruhan akan turun 19 persen menjadi 289 juta unit. Jika benar, ini merupakan produksi smartphone terkecil sejak 2013.

Diketahui, pada kuartal terakhir 2018, produksi smartphone global mencapai 334 juta. Angka itu saja sudah menurun sekitar tiga persen dari kuartal per kuartal (QoQ).

Selain perang dagang antara China dan Amerika Serikat, Credit Suisse melihat faktor lain yang membuat masyarakat enggan beralih ke ponsel baru di Q1 2019. Tak lain dan tak bukan adalah kemunculan ponsel flagship dengan harga 1.000 dollar AS (Rp 14 jutaan) ke atas pada 2018 lalu.

Orang-orang yang telah membeli flagship tersebut akan lebih lama menunggu untuk beralih ke smartphone baru di awal 2019, sebagaimana dihimpun KompaTekno, Selasa (15/1/2019), dari BGR.

Baca juga: Pasaran Smartphone China Lesu Sepanjang 2018

Selain harga beli yang mahal, lini-lini premium itu juga telah memberikan kualitas terbaik di segala sektor. Pengguna pun merasa tak perlu ganti yang baru.

Secara keseluruhan, 2019 disebut-sebut akan jadi tahun menarik untuk industri smartphone. Sejauh ini, Samsung masih menduduki posisi pertama sebagai vendor dengan penjualan terbesar.

Kendati begitu, posisinya mulai digempur dari berbagai arah. Vendor China semakin kompetitif di segmen bawah, sementara Apple gencar menyatakan dominasinya di segmen atas.

Akankah Samsung lengser atau mampu melanggengkan posisinya sepanjang 2019? Kita amati saja perkembangannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.