Urutan Linimasa Twitter Android Kini Bisa Dipilih, Terbaru atau Terpopuler - Kompas.com

Urutan Linimasa Twitter Android Kini Bisa Dipilih, Terbaru atau Terpopuler

Kompas.com - 16/01/2019, 09:13 WIB
Ilustrasi TwitterIst Ilustrasi Twitter

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Twitter merilis fitur "sparkle" yang digunakan untuk mengubah urutan linimasa secara lebih praktis. Peluncuran awalnya baru menyasar pengguna Twitter iOS. Kini, Twitter mulai menyebar fitur ini untuk pengguna Android.

Pembaruan ini terpasang secara default. Dengan demikian, pengguna tak perlu memperbarui aplikasi secara manual. Ikon "sparkle" berbentuk seperti bintang dan bisa ditemukan di pojok kanan atas menu beranda.

KompasTekno telah mendapatkan pembaruan tersebut. Cara menggunakannya pun seperti di iOS.

Pengguna bebas memilih, apakah mau mengurutkan linimasa berdasarkan kicauan terbaru (latest tweet) yang didasarkan kronologi atau kembali ke beranda (home) berdasarkan algoritma yang artinya akan teracak.

Apabila memilih opsi kicauan terbaru, konten linimasa akan diurutkan berdasarkan pada kronologi.

Baca juga: Pengguna Twitter Kini Bisa Tentukan Urutan Linimasa

Artinya, twit terbaru akan muncul paling atas. Sebaliknya, jika memilih opsi "Go Back Home", kicauan teratas akan diisi konten yang dianggap algoritma Twitter penting bagi pengguna.

Secara default, tampilan linimasa di beranda atau "home" telah dipersonalisasi, atau dengan kata lain telah disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (15/1/2019), Twitter mengubah urutan linimasa berdasarkan algoritma empat tahun lalu. Linimasa Twitter dipersonalisasi dengan memunculkan konten yang dianggap Twitter populer bagi pengguna.

Banyak yang nyaman dengan algoritma namun tak sedikit yang mengeluhkannya. Bagi yang kontra dengan urutan berdasarkan preferensi, mereka bisa mengubahnya, tapi caranya cukup rumit, dan banyak pengguna yang tidak tahu. Sebab, fitur tersebut tersembunyi di menu "setting" (pengaturan).

Selain fitur "sparkle" Twitter dikabarkan sedang menguji coba merombak tampilan linimasa dengan memberikan warna pada bagian replies (jawaban).

Pemberian warna tersebut dimaksudkan untuk mempermudah pengguna membedakan antara replies dari akun yang dia ikuti (warna hijau) dan dari akun yang tidak dia ikuti (warna biru).



Close Ads X