Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umpatan Apa yang "Aman" Diucapkan dalam Video YouTube?

Kompas.com - 16/01/2019, 12:16 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - Youtube kerap menghadapi kritikan dari publik jika ada konten yang dianggap tidak pantas oleh banyak orang. Salah satunya adalah penggunaan umpatan atau kata kotor yang tidak semua masyarakat nyaman mendengarnya di video YouTube.

Jika terbukti melanggar pedoman YouTube, kreator akan menghadapi masalah monetisasi. Untungnya, YouTube memberikan petunjuk bagi para kreator, kata-kata kotor apa saja yang boleh dan tidak boleh diucapkan di dalam video.

Melalui kanal Creator Insider, umpatan berbahasa Inggris yang cenderung lebih lunak seperti "damn", 'dang "shoot", dan "hell" masih aman digunakan dalam video YouTube. Konteks aman di sini artinya, kata-kata tersebut tidak akan berpengaruh buruk pada keputusan pengiklan yang bakal tampil di video tersebut.

John, perwakilan dari tim kebijakan monetisasi YouTube mengatakan bahwa para kreator bebas mengucapkan kata-kata tersebut sesering mungkin, termasuk digunakan sebagai judul dan thumbnail.

Baca juga: Pahami Algoritma YouTube, Kunci Jadi YouTuber Sukses

Sementara kata kotor yang sangat kasar dan dilarang muncul di jam-jam prime time televisi, juga disebut cukup aman digunakan para kreator. Asalkan, kata tersebut tidak sering digunakan dan tidak muncul di awal video, serta tidak boleh digunakan sebagai judul dan thumbnail.

John menambahkan bahwa konten terburuk yang akan membahayakan monetisasi adalah konten yang banyak menampilkan cercaan rasial, merendahkan, dan konten kebencian yang diarahkan terhadap suatu individu atau kelompok orang tertentu.

Konteks memang menjadi kunci untuk video tertentu, misalnya saja video komedi. Tapi menaruh kata-kata kotor yang sangat kasar ke dalam video, judul, atau thumbnail akan mengancam monetisasi video.

Bahkan jika para kreator menggunakan "bleeping" atau menyensor suara umpatan, hal itu tidak akan banyak menolong monetisasi konten untuk mengundang para pengiklan.

Dirangkum KompasTekno dari Mashable, Rabu (16/1/2018), setidaknya ada tiga hal dalam menggunakan kata kotor yang akan memengaruhi status monetisasi.

"Tiga hal yang akan kami lihat adalah, judul video, gambar thumbnail, dan seberapa sering kata kotor disebut di awal video," jelas John.

Durasi awal video kurang lebih berada pada 30 detik pertama. Ini bukanlah kebijakan baru yang ditetapkan YouTube, melainkan sebuah klarifikasi untuk memperjelas penggunaan umpatan oleh para kreator agar tidak merugi karena kontennya didemonetisasi.

Dalam pedomannya, YouTube telah menegaskan bahwa bahasa yang tidak pantas, umpatan yang sangat kasar, kevulgaran, dan konten yang menghasut terancam akan didemonetisasi.

Untuk melihat video lengkap bagaimana menggunakan kata kotor yang aman di YouTube, bisa dilihat dalam video berikut.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MASHABLE


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com