Tuntutan Qualcomm Terhadap Apple Ditolak Pengadilan Jerman

Kompas.com - 16/01/2019, 18:36 WIB
Ilustrasi ilustrasiIlustrasi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Qualcomm memenangkan gugatan pelanggaran paten atas Apple di Jerman yang berujung pada pemblokiran beberapa model iPhone di negara tersebut.

Namun, tuntutan baru -masih terkait tudingan pelanggaran paten- yang dilancarkan oleh Qualcomm pada awal pekan ini dimentahkan oleh pengadilan Jerman di Kota Mannheim.

Keputusaan awal pengadilan menyebutkan bawa gugatan Qualcomm kali ini tidak berdasar. Berbeda dari apa yang dituduhkan, disebutkan pula bahwa Apple tidak melanggar paten terkait dengan memasang chip Qualcomm di produk smartphone besutannya.

Baca juga: Qualcomm Rogoh Rp 21 Triliun Agar iPhone Dilarang di Jerman

"Kami sangat senang atas keputusan ini dan berterima kasih kepada pengadilan untuk waktu dan kebijakannya," ujar perwakilan Apple menanggapi keputusan pengadilan tersebut.

Apple turut mengklaim bahwa taktik hukum yang dilancarkan Qualcomm hanyalah untuk mengalihkan perhatian pihak pengadilan dari masalah yang sebenarnya.

"Kami menyesali penggunaan pengadilan oleh Qualcomm untuk mengalihkan perhatian perilaku ilegal mereka yang menjadi subjek berbagai tuntutan hukum dan sedang diproses di berbagai negara," imbuh Apple.

Di sisi lain, Qualcomm berencana untuk melakukan banding atas keputusan ini, meski telah memenangkan beberapa tuntutan di pengadilan Munich bulan Desember lalu.

"Apple punya riwayat melanggar paten kami," jelas wakil presiden eksekutif dan penasihat hukum Qualcomm, Don Rosenberg.

Perang paten terhadap Apple akan terus dilakukan Qualcomm dengan dalih menuntut hak kekayaan intelektualnya.

"Sementara ini kami menolak keputusan pengadilan Mannheim dan akan banding, kami akan terus berusaha menyelamatkan hak (kekayaan intelektual) kami melawan Apple di berbagai belahan dunia," lanjut Rosenberg.

Dianggap melanggar undang-undang

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X