TikTok Luncurkan Aplikasi "Video Chat" Mirip Instagram Stories

Kompas.com - 16/01/2019, 19:25 WIB
Ilustrasi Aplikasi Duoshan TechInAsiaIlustrasi Aplikasi Duoshan
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - ByteDance, pembuat aplikasi populer TikTok, resmi meluncurkan aplikasi chatting standalone bernama Duoshan.

Lantaran difokuskan untuk pasaran China, beberapa pihak menyebut Duoshan sebagai pesaing aplikasi chatting milik Tencent, WeChat, yang populer di Negeri Tirai Bambu.

Duoshan, atau "flasher" dalam bahasa inggris, adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dan video pendek ke sesama pengguna, seperti aplikasi chatting pada umumnya.

"Dengan kehadiran Duoshan, kami memunculkan aplikasi jejaring sosial pesan berbasis video yang memungkinkan pengguna untuk berbagi kreatifitas dan berinteraksi langsung dengan keluarga dan teman mereka," ujar Duoshan President, Zhang Nan.

Baca juga: TikTok Sudah Lampaui Facebook, Instagram, dan YouTube

Untuk menggunakan Doushan, pengguna bisa memakai akun TikTok yang sudah ada, jadi tak harus membuat akun baru.

Mirip Instagram Stories

Untuk desain antarmuka dan fitur Duoshan sendiri, aplikasi itu diketahui hanya memiliki dua tab yakni "Messages" dan "World".

Ilustrasi dua fitur DuoshanTechInAsia Ilustrasi dua fitur Duoshan

Pada tab Messages yang tampak pada gambar di sebelah kiri, pengguna dapat mengirimkan pesan dan video pendek ke sesama pengguna Duoshan.

Di bagian atas tab ini, terdapat juga deretan bulatan avatar pengguna yang jika diklik akan menampilkan video pendek yang dibuat oleh mereka sendiri dan teman-teman, serupa dengan Instagram Stories.

Sementara di tab World pada gambar sebelah kanan, pengguna bisa melihat konten-konten atau video yang tengah viral.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber TechCrunch
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X