Google Akuisisi Teknologi Smartwatch Fossil Senilai Rp 567 Miliar

Kompas.com - 18/01/2019, 15:14 WIB
Salah satu smartwatch yang menggunakan chipset Qualcomm 3100. The VergeSalah satu smartwatch yang menggunakan chipset Qualcomm 3100.

KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan akuisisi terhadap teknologi smartwatch milik perusahaan fesyen Fossil senilai 40 juta dollar AS (sekitar Rp 567 miliar).

Perusahaan search engine itu juga memboyong tim divisi riset dan pengembangan yang bertanggung jawab untuk membuat teknologi jam pintar tersebut.

"Kami membangun dan memutakhirkan teknologi yang potensial untuk meningkatkan platform smartwatch kami yang sudah ada," jelas Greg McKelvey, Eksekutif Vice President and Chief Strategy dan  Digital Officer Fossil, seperti dikutip KompasTekno dari Cnet, Jumat (18/1/2019).

Dalam rilis perusahaan, Greg mengharapkan kerja sama dengan Google bisa melanjutkan pertumbuhan wearable device kedepannya. Kedua perusahaan tidak menyebutkan secara rinci teknologi apa yang dibeli Google.

Mereka hanya berharap proses akuisisi ini akan rampung bulan ini.

Pada tahun 2015 lalu, Fossil telah mengakuisisi Misfit, sebuah startup wearable-tech yang fokus pada alat fitness trackers atau pelacak kebugaran.

Perusahaan fesyen asal AS itu membeli Misfit senilai 260 juta dollar AS. Akuisisi tersebut mengawinkan fesyen dan pabrikan jam tangan yang dimiliki Fossil, dengan teknologi dari Misfit. Tapi Fossil malah keluar dari pasar tersebut.

Baca juga: Selamat Tinggal Produsen Smartwatch Pebble

Di sisi lain, kerja sama Google dan Fossil telah membuahkan produk smartwatch berbasis sistem operasi milik Google khusus untuk wearable device, Google Wear OS.

Smartwatch tersebut bernama Fossil Sport yang dirilis November lalu dan diotaki chip wearable 3100 besutan Qualcomm yang diklaim membuat smartwatch lebih hemat baterai.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon Wear 3100, Chip Hemat Daya untuk Smartwatch

Tahun lalu, Google dan para mitranya termasuk Fossil, memperbanyak fitur kebugaran saat mereka merancang smartwatch. Salah satunya adalah pengembangan aplikasi Google Fit yang memiliki fitur Move Minutes dan Heart Point.

Kedua fitur itu direkomendasikan langsung oleh Asosiasi Jantung Amerika (AHA) dn Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Fitur Move Minutes akan menghitung setiap aktivitas fisik dalam menit, sementara Heart Points akan memberika "hadiah" pada pengguna setiap aktivitas fisik yang dilakukan dalam bentuk poin.

Baca juga: Jerman Wajibkan Orang Tua Hancurkan Smartwatch Anaknya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.