Xiaomi Pamer Sensor Pemindai Sidik Jari di "Sembarang Tempat"

Kompas.com - 18/01/2019, 19:04 WIB
Co-Founder dan President Xiaomi, Lin Bin memamerkan teknologi sensor pemindai sidik jari dalam layar Xiaomi yang diklaim bakal lebih canggih.Gadgets 360 Co-Founder dan President Xiaomi, Lin Bin memamerkan teknologi sensor pemindai sidik jari dalam layar Xiaomi yang diklaim bakal lebih canggih.

KOMPAS.com - Tren sensor pemindai sidik jari dalam layar (in-display fingerprint) semakin merajalela. Lambat laun, fitur tersebut sudah menjadi umum dan tidak lagi spesial.

Namun para vendor tetap mengembangkan in-display fingerprint dengan teknologi lebih canggih untuk bersaing dengan vendor lainnya. Salah satunya dilakukan Xiaomi.

Melalui akun Weibo, co-founder dan Presiden Xiaomi, Lin Bin mengunggah purwarupa sensor pemindai sidik jari dalam layar yang ia sebut sebgai "next-generation". Tidak banyak detail informasi yang diungkap Lin Bin dalam unggahan tersebut.

Namun ia mengatakan bahwa sensor ini akan menuntaskan dua perkara yang menjadi masalah dalam implementasi teknologi in-display fingerprint.

Pertama, adalah masalah ketidakmampuan on-tap unlocking yang mengharuskan layar ponsel untuk menyala terlebih dahulu, baru kemudian bisa memindai sidik jari.

Nantinya, sensor pemindai sidik jari dalam layar dan software yang digunakan, akan memungkinkan pengguna untuk memilih opsi "one-tap", sehingga mereka bisa langsung masuk ke perangkat dengan langsung menempelkan jari ke layar tanpa harus menghidupkan layar ponsel terlebih dulu.

Masalah kedua adalah area sensor yang terbatas untuk memindai sidik jari. Selama ini, smartphone hanya menempatkan sebagian kecil area di layar untuk menempatkan sensor pemindai sidik jari.

Baca juga: Kilas Balik Teknologi Fingerprint Scanner yang Makin Meluas

Masalah lain yang muncul adalah penanda letak sensor pemindai sidik jari itu tidak jelas, sehingga kadang membingungkan pengguna.

Menurut Xiaomi, sensor baru yang mereka kembangkan akan meningkatkan area aktif sensor seluas 25 mm x 50,2 mm, sebagaimana KompasTekno lansir dari Uber Gizmo, Jumat (18/1/2019).

Kapan Xiaomi akan menelurkan sensor canggihnya ini, belum bisa diketahui.

Sejauh ini, vendor asal China itu baru memiliki satu perangkat yang didukung pemindai sidik jari dalam layar yakni Mi 8 edisi Screen Fingerprint. Bagaimana sensor pemindai sidik jari baru yang dipamerkan Lin Bin bekerja, bisa disaksikan dalam video berikut.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X