Bocoran Terbaru Xbox Two, Dirilis Tahun 2020?

Kompas.com - 19/01/2019, 18:20 WIB
Xbox One S hadir 40 persen lebih mungil dari Xbox One original PolygonXbox One S hadir 40 persen lebih mungil dari Xbox One original

KOMPAS.com - Tahun lalu dalam acara E3 yang berlangsung pada Juni 2018, Eksekutif Vice-President of Gaming Microsoft, Phil Spencer mengonfirmasi bahwa perusahaannya sedang menyiapkan Xbox Two, penerus Xbox One.

Proyek penggarapan Xbox Two disebut bernama Scarlett. Dalam acara itu, Spencer membocorkan kemungkinan fitur yang akan ditambahkan ke Xbox Two nantinya.

"Para ahli kami di Microsoft Research sedang mengembangkan kecedasan buatan gaming untuk masa depan, sehingga dunia dan karakter yang kita nikmati akan lebih kaya dan lebih imersif," jelasnya.

Spencer turut mengatakan bahwa tim komputasi Microsoft tengah membuat jaringan game streaming untuk membuka kunci game berkualitas di perangkat apapun.

"Tak cuma itu, kami bertekad untuk menyempurnakan pengalaman Anda di mana pun Anda bermain, apakah di Xbox kami, PC, atau ponsel Anda," imbuhnya.

Menurut pengamat konsol game, Brad Sams, Xbox Two kemungkinan baru akan dirilis tahun 2020, atau bisa jadi lebih cepat. Sams mengatakan bahwa proyek Scarlett akan meliputi konsol tradisional dan streaming sebagai cara untuk menjelajah pustaka judul game yang lebih luas.

Konsol tradisional yang dimaksud akan berbeda dengan Xbox On, dan akan memiliki spesifikasi lebih canggih yang bisa mengontrol hampir semua game terbaru.

Sementara satu perangkat lain yang merupakan kotak streaming, kemungkinan akan bernama "Scarlett Cloud" dan diperkirakan akan dibanderol lebih murah.

Rumor mengatakan bahwa Scarlett Cloud akan mendukung imput kontroler, pemrosesan gambar, dan sensor pendeteksi tabrakan, yang keseluruhannya akan dikendalikan oleh Cloud Platform Microsoft.

Dirangkum KompasTekno dari Trusted Review, Sabtu (19/1/2019), Scarlett Cloud sudah berada dalam tahap pengembangan cukup jauh dibanding konsol tradisional.

Baca juga: Game PUBG dan PES 2019 Bisa Diunduh Gratis di Xbox

Microsoft agaknya yakin bahwa prospek streaming untuk gaming di masa depan sangat menjanjikan. Soal spesifikasi, beberapa laporan menyebut bahwa Xbox Two akan menggunakan memori GDDR6 untuk grafisnya.

Untuk diketahui, ini adalah standar memori yang bahkan belum tersedia untuk PC gaming. Selain itu, Xbox Two diperkirakan akan dilengkapi pula dengan HDMI 2.1.

Dalam konferensi pers, Spencer sering menyebutkan kata jamak "consoles" yang mengindikasikan akan ada lebih dari satu perangkat, seperti saat meluncurkan Xbox One X dan Xbox One S.

Namun jika benar, masih belum diketahui bagaimana perbedaan spesifikasi keduanya. Sejauh ini ada beberapa game yang disebut akan bisa dimainkan di konsol Xbox Two mendatang. Di antaranya adalah game fiksi ilmiah bernama Starfield dan game The Elder Scrolls 6.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X