Skor Kamera Huawei Mate 20 Dibandingkan dengan P20 Pro

Kompas.com - 21/01/2019, 15:08 WIB
Huawei Mate 20 Pro yang KompasTekno uji berwarna Midnight Blue. Huawei Mate 20 Pro sendiri memiliki beberapa pilihan warna yakni black, midnight blue, emerald green, dan twilight. KompasTekno/Yudha Pratomo Huawei Mate 20 Pro yang KompasTekno uji berwarna Midnight Blue. Huawei Mate 20 Pro sendiri memiliki beberapa pilihan warna yakni black, midnight blue, emerald green, dan twilight.

KOMPAS.com - Beberapa bulan setelah pertama diluncurkan pada Oktober 2018, skor kamera ponsel terbaru Huawei, Mate 20 Pro, sudah muncul di situs bencmarking kamera, DXO Mark.

Nilai yang diraih oleh Mate 20 Pro ternyata sama dengan skor yang diraih oleh ponsel Huawei sebelumya, P20 Pro yang memegang predikat ponsel berkamera terbaik dari DXO Mark.

Huawei P20 Pro sebelumnya menduduki peringkat teratas dengan nilai akhir 109 poin, tepat di atas iPhone XS Max yang mencatat skor 105 poin.

Mate 20 Pro kini berdampingan dengan saudaranya itu. Skor Mate 20 ternyata sama dengan P20 Pro, yakni 109 poin.

Ilustrasi DxOMark Huawei Mate 20 ProDxOMark Ilustrasi DxOMark Huawei Mate 20 Pro

Untuk urusan fotografi, Mate 20 Pro dan P20 Pro memiliki skor rata-rata yang identik, yakni 114 poin.

Secara spesifik, selisih yang paling menonjol antara Mate 20 Pro dengan P20 Pro ada di skor kinerja "bokeh" atau foto mode portrait. Di ranah ini, Mate 20 Pro kalah dengan selisih skor 10 poin dari P20 Pro.

Ilustrasi Skor DxOMark Huawei P20 ProDxOMark Ilustrasi Skor DxOMark Huawei P20 Pro

Untuk kinerja  terkait kamera lainnya, seperti kemampuan exposure, color, autofocus, texture, noise, artifacts, flash, dan zoom, kedua ponsel tercatat memiliki selisih skor 1 sampai 3 poin, meski ada beberapa yang sama nilainya.

Baca juga: Begini Hasil Jepretan Tiga Kamera Leica Huawei Mate 20 Pro

Sementara dalam urusan perekaman video, Mate 20 Pro mencatat skor 97 poin, lebih rendah 1 poin dari P20 Pro yang meraih skor 98 poin, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (21/1/2019).

Selisih ini muncul dari kemampuan perekaman video kamera Mate 20 Pro yang disebut tingkat stabilitasnya berkurang ketika merekam dalam kondisi low-light.

Efek kamera monokrom

Menurut DXO Mark, skor kamera Mate 20 Pro sedikit banyak terdampak oleh absennya kamera dengan sensor monokrom yang dulu hadir di P20 Pro.

Pada P20 Pro, jepretan kamera monokrom digabungkan dengan kamera utama untuk meningkatkan detil di hasil akhir.

Tidak hadirnya kamera monokrom ini membuat foto Mate 20 Pro kurang detil dibandingkan P20 Pro dalam beberapa situasi, seperti saat memakai kamera telephoto.

Meski demikian, Mate 20 Pro mengganti kamera monokrom dengan kamera ultra wide yang secara umum lebih berguna dan bisa dipakai menjepret foto close-up dengan perspektif lebar yang dramatis.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Ponsel 3 Kamera Belakang Huawei P20 Pro




Close Ads X