Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Siapkan Film Pendek yang Direkam dengan iPhone XS

Kompas.com - 23/01/2019, 09:06 WIB
Oik Yusuf

Editor

KOMPAS.com - Apple kembali bereksperimen dengan ponsel pintar buatannya sebagai alat rekam utama dalam produksi film.

Setelah berkolaborasi dengan Jon M. Chu, sutradara film Crazy Rich Asians, untuk membuat film pendek dengan iPhone XS Max, Apple mengajak sutradara lain untuk membuat film dengan iPhone XS.

Kali ini, perusahaan asal Cupertino, AS itu menggandeng Jia Zhangke, sutradara sekaligus penulis naskah asal China untuk membuat film pendek yang judulnya belum diketahui. Beberapa cuplikan film itu beredar melalui jaringan sosial China, QQ.com.

Baca juga: Sutradara “Crazy Rich Asians” Merekam Film dengan iPhone XS Max

Tokoh utamanya adalah seorang pria dengan sebuah ember plastik yang bagian atasnya ditempel dengan selotip. Keterangan dalam bentuk teks di posternya menyebutkan bahwa film akan bercerita tentang rahasia seseorang.

Film tersebut konon akan tayang pada 25 Januari mendatang untuk merayakan Tahun Baru China.

Sutradara Jia Zhangke sendiri sudah sering wira-wiri ke festival film internasional. Ia telah membuat tiga film pendek semasa menjadi mahasiswa di Beijing Film Academy, seperti dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Rabu (23/1/2019).

Film lain dari Zhangke yang  berjudul Xiao Shan Going Home berhasil memenangkan penghargaan di festival film Hong Kong.

Tak hanya itu, filmnya yang berjudul Still Life juga memenangkan penghargaan di ajang bergengsi Venice Film Festival tahun 2006. Ia juga digadang menjadi salah satu sosok sutradara yang paling berpengaruh di dunia.

Baca juga: Ini Harga Resmi iPhone XR, XS, dan XS Max di Indonesia

iPhone sendiri sudah beberapa kali dijadikan kamera utama dalam produksi film. Tahun 2015 lalu, film berjudul Tangerin direkam dengan tiga buah iPhone 5s, seperangkat lensa anamorphic, steadicam untuk menstabilkan gambar, dan aplikasi Filmic Pro.

Lalu tahun 2017 lalu, sutradara Holyywood Steven Soderbergh juga menggarap film dengan lini iPhone berjudul Unsane.

Meski tidak disebutkan model iPhone apa yang ia gunakan selama proses produksi film tersebut, ada dugaan bahwa Sorderbergh menggunakan iPhone 7 atau iPhone 7 Plus.

Tahun lalu, Apple juga bekerja sama dengan sutradara Peter Chan untuk membuat film sebagai perayaan Tahun Baru China, berjudul Three Minutes. Proses perekaman film tersebut dilakukan dengan iPhone X yang dirilis tahun 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com