Apple Siapkan Film Pendek yang Direkam dengan iPhone XS

Kompas.com - 23/01/2019, 09:06 WIB
Poster film yang direkam dengan iPhone XS 9to5macPoster film yang direkam dengan iPhone XS
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Apple kembali bereksperimen dengan ponsel pintar buatannya sebagai alat rekam utama dalam produksi film.

Setelah berkolaborasi dengan Jon M. Chu, sutradara film Crazy Rich Asians, untuk membuat film pendek dengan iPhone XS Max, Apple mengajak sutradara lain untuk membuat film dengan iPhone XS.

Kali ini, perusahaan asal Cupertino, AS itu menggandeng Jia Zhangke, sutradara sekaligus penulis naskah asal China untuk membuat film pendek yang judulnya belum diketahui. Beberapa cuplikan film itu beredar melalui jaringan sosial China, QQ.com.

Baca juga: Sutradara “Crazy Rich Asians” Merekam Film dengan iPhone XS Max

Tokoh utamanya adalah seorang pria dengan sebuah ember plastik yang bagian atasnya ditempel dengan selotip. Keterangan dalam bentuk teks di posternya menyebutkan bahwa film akan bercerita tentang rahasia seseorang.

Film tersebut konon akan tayang pada 25 Januari mendatang untuk merayakan Tahun Baru China.

Sutradara Jia Zhangke sendiri sudah sering wira-wiri ke festival film internasional. Ia telah membuat tiga film pendek semasa menjadi mahasiswa di Beijing Film Academy, seperti dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Rabu (23/1/2019).

Film lain dari Zhangke yang  berjudul Xiao Shan Going Home berhasil memenangkan penghargaan di festival film Hong Kong.

Tak hanya itu, filmnya yang berjudul Still Life juga memenangkan penghargaan di ajang bergengsi Venice Film Festival tahun 2006. Ia juga digadang menjadi salah satu sosok sutradara yang paling berpengaruh di dunia.

Baca juga: Ini Harga Resmi iPhone XR, XS, dan XS Max di Indonesia

iPhone sendiri sudah beberapa kali dijadikan kamera utama dalam produksi film. Tahun 2015 lalu, film berjudul Tangerin direkam dengan tiga buah iPhone 5s, seperangkat lensa anamorphic, steadicam untuk menstabilkan gambar, dan aplikasi Filmic Pro.

Lalu tahun 2017 lalu, sutradara Holyywood Steven Soderbergh juga menggarap film dengan lini iPhone berjudul Unsane.

Meski tidak disebutkan model iPhone apa yang ia gunakan selama proses produksi film tersebut, ada dugaan bahwa Sorderbergh menggunakan iPhone 7 atau iPhone 7 Plus.

Tahun lalu, Apple juga bekerja sama dengan sutradara Peter Chan untuk membuat film sebagai perayaan Tahun Baru China, berjudul Three Minutes. Proses perekaman film tersebut dilakukan dengan iPhone X yang dirilis tahun 2017.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X