Daftar Ponsel dengan Kamera Selfie Terbaik Menurut DxOMark

Kompas.com - 23/01/2019, 11:09 WIB
Ponsel Pixel 3 XL sudah dijual oleh peritel Hongkong sebelum perilisan resminya. EngadgetPonsel Pixel 3 XL sudah dijual oleh peritel Hongkong sebelum perilisan resminya.

KOMPAS.com - Rata-rata pengguna smartphone menghabiskan 40 persen waktu penjajalannya dengan mengakses kamera depan untuk selfie. Kendati demikian, penilaian kamera smartphone umumnya menitikberatkan pada kamera belakang.

Situs benchmarking kamera, DxOMark, akhirnya mengambil inisiatif untuk memperkenalkan skor kualitas kamera selfie ponsel. Beberapa kriterianya mencakup tone kulit, akurasi warna, ketajaman, kontras, pencahayaan, dan sebagainya.

Alhasil, dari hasil pengujian perdana DxOMark ini, yang dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera selfie terbaik sepanjang 2018 adalah Google Pixel 3 dan Samsung Galaxy Note 9. Keduanya sama-sama menghimpun skor 92 poin.

Baca juga: Skor Kamera Xiaomi Mi Mix 3 "Pepet-pepetan" dengan Galaxy Note 9

Meski begitu, keunggulan kamera selfie Pixel 3 dan Galaxy Note 9 berada pada spektrum berbeda. Secara garis besar, Pixel 3 dinilai lebih apik untuk membidik foto, sementara Galaxy Note 9 lebih unggul dalam merekam video.

“Google memberi penekanan pada tekstur dan detil foto, sementara Samsung lebih memilih hasil yang halus meski mengorbankan detil,” kata tim DxOMark dalam laporannya.

Adapun tiga perangkat lainnya yang masuk lima besar (top 5) smartphone dengan kamera selfie terbaik secara berurutan adalah Xiaomi Mi Mix 3 (84 poin), Apple iPhone XS Max (82 pon), dan Samsung Galaxy S9 Plus (81 poin).

Penilaian DxOMark berbasis pengujian objektif dan subjektif pada kondisi stabil dan terkontrol. DxOMark bahkan membuat dummy manusia dengan warna kulit realistis untuk memastikan konsistensi dan akurasi skor bagi masing-masing smartphone.

Untuk tiap smartphone yang diuji, DxOMark menganalisis 1.500 foto dan video berdurasi dua jam, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (23/1/2019), dari Engadget.

Perlu dicatat, hasil pengujian kamera selfie tak ada hubungannya dengan kualitas kamera belakang ponsel. Misalnya saja pada Huawei Mate 20 yang kamera utamanya diberi skor tertinggi sebesar 109 poin, sementara kamera depannya cuma 78 poin.

Baca juga: Skor Kamera Huawei Mate 20 Pro Dibandingan dengan P20 Pro

Apa saja smartphone dengan kamera selfie berkualitas terbaik menurut pengujian baru DxOMark? Daftar selengkapnya bisa dilihat di bawah.

Daftar skor kamera depan ponsel dalam pengujian perdana DxOMark.DxOMark Daftar skor kamera depan ponsel dalam pengujian perdana DxOMark.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ENGADGET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X