Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Xiaomi Pamer Ponsel Lipat Bikinan Perusahaannya

Kompas.com - 24/01/2019, 08:09 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.comPonsel lipat Xiaomi bukan lagi rumor. Setelah beredar sebuah video ponsel lipat dengan antarmuka MIUI yang bisa dilipat menjadi tiga bagian, kini video yang sama beredar.

Tetapi, dalam video kali ini, sang ponsel lipat langsung dioperasikan oleh presiden sekaligus salah satu pendiri Xiaomi, Lin Bin.

Tampak dalam video Bin sedang mengoperasikan sebuah purwarupa ponsel dengan layar besar berukuran tablet, sesaat kemudian ia melipat ponsel itu menjadi tiga bagian, persis seperti bocoran video sebelumnya.

Baca juga: Ponsel Lipat Legendaris Motorola Razr Akan Dirilis Ulang?

Saat dilipat, antarmuka secara otomatis menyesuaikan ukuran layar dengan memenuhi bagian tengah. Mengubah ukuran tablet menjadi ukuran ponsel pun terlihat lebih mudah dibanding ponsel lipat Flexpai yang telah diluncurkan perusahaan asal California akhir tahun lalu.

Ketika dilipat dalam mode landscape, terdapat tombol daya di bagian atas yang mudah dijangkau saat perangkat berubah wujud menjadi seukuran smartphone.

Video purwarupa ponsel lipat tersebut diunggah oleh Director of Product Management Xioami, Donovan Sung melalui akun Twitter miliknya.

Lin Bin sendiri juga mengunggah video yang sama melalui akun Weibo miliknya.

"Setelah mengatasi teknis layar lipat fleksibel, empat buah engsel lipat, teknologi permukaan fleksibel, adaptasi MIUI dan tantangan teknis lainnya, kami telah membuat ponsel lipat pertama dan akan menjadi ponsel dual-folding pertama di dunia," tulis Bin.

Baca juga: Beredar, Penampakan Tablet Lipat Xiaomi

Ia juga mengatakan bahwa yang ia pamerkan baru berupa purwarupa dan ada rencana untuk memproduksinya secara massal jika mendapat respons positif dari para Mi Fans secara online.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (24/1/2019), ada dua kemungkinan nama yang akan digunakan Xioami untuk purwarupa ponsel lipatnya. Pertama adalah Mi Dual Flex dan Mi Mix Flex. Namun, Bin masih terbuka jika ada saran lain yang diajukan Mi Fans. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com