Tanda-tanda Oppo F11 Bakal Segera Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 24/01/2019, 11:47 WIB
Oppo F9 memiliki notch mungil berbentuk waterdrop atau tetesan air. yudha pratomo/KOMPAS.com Oppo F9 memiliki notch mungil berbentuk waterdrop atau tetesan air.

KOMPAS.com - Ponsel seri "F" baru dari Oppo agaknya akan segera meramaikan pasar smartphone di 2019. Perangkat dimaksud adalah Oppo F11, penerus Oppo F9.

Indikasinya, bocoran sertifikasi Oppo F11 dengan kode nama CPH1969 terkuak di tiga negara Asia Tenggara. Di antaranya adalah badan sertifikasi SIRIM asal Malaysia, NBTC asal Thailand, dan Kementrian Perindustrian (Kemenperin) di Indonesia.

Menurut laman P3DN Kemeperin, perangkat berkode "CPH1969" yang disinyalir tak lain merupakan Oppo F11 terdaftar dengan nomor sertifikat 20/ILMATE/ TKDN/1/2019 per 14 Januari lalu.

Dengan nomor referensi TKDN - 1800291, Oppo F11 telah memenuhi kadar Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 33,38 persen.

Sertifikasi TKDN Oppo F11TKDN Kemeperin Sertifikasi TKDN Oppo F11

Dalam laman tersebut, hanya tercantum spesifikasi konekivitas yakni GSM: 900/1800MHz, WCDMA: 900/2100MHz, FDD-LTE: Bands 1/3/5/8, TD-LTE:Band 40.  Belum ada detail spesifikasi lain yang muncul di laman TKDN, maupun badan sertifikasi Malaysia atau Thailand.

Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Kamis (24/1/2019), seperti seri F sebelumnya, Oppo diperkirakan akan memfokuskan Oppo F11 untuk pasar Asia.

Di antara negara Asia pun Oppo bisa memasarkannya dengan nama yang berbeda, seperti Oppo F9 yang dipasarkan di India dengan nama Oppo F9 Pro.

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Oppo F9 di Indonesia

Sayangnya, belum ada konfirmasi kapan Oppo akan meluncurkan perangkat ini dan dimana peluncurannya akan digelar. Sebagai pengingat, Oppo F9 mengusung layar waterdrop screen yakni "notch" mungil yang mirip tetesan air yang menjorok di atas display.

Kemungkinan Oppo F11 akan menusung desain yang kurang lebih sama. Namun, tidak menutup peluang bahwa Oppo akan mengadopsi lubang kamera di layar untuk memberikan ruang layar yang lebih lega.

Layar Oppo F11 diprediksi menggunakan panel AMOLED sebagaimana yang digunakan di Oppo Find X serta memasang pemindai sidik jari dalam layar di dalamnya.

Sebelumnya, Oppo telah mengumumkan akan berpartisipasi dalam acara World Mobile Congress (MWC) bualan Februari mendatang di Barcelona, Spanyol. Oppo akan membeberkan teknologi kamera optical zoom 10x di acara tersebut.

Baca juga: Oppo Find X2 Ganti Kamera Geser dengan Zoom 10X?

Masih menjadi teka-teki apakah teknologi ini akan tersemat di Oppo F11, atau akan dipasang ke flagship lain seperti Oppo R19 yang kabarnya akan diluncurkan di China bulan Maret mendatang.




Close Ads X