Sensor Mungil Samsung untuk Ponsel dengan Kamera di Dalam Layar

Kompas.com - 25/01/2019, 07:06 WIB
Ilustrasi ISOCELL Slim 3T2 Samsung NewsroomIlustrasi ISOCELL Slim 3T2
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung pekan ini memperkenalkan sensor kamera mungil bernama Isocell Slim 3T2. Ukuran diagonalnya hanya 1/3,4 inci atau sekitar 5,1mm sehingga diklaim sebagai sensor kamera paling ringkas di dunia.

Dimensi kecil Isocell Slim 3T2 membuatnya cocok diterapkan sebagai sensor kamera depan di ponsel dengan model layar berlubang, yang menempatkan kamera dalam sebuah lubangdi sisi atas layar.

Layar berlubang macam demikian dimaksudkan untuk mengenyahkan "poni" di atas layar yang biasanya diperlukan untuk memuat kamera depan. Dengan begitu, layar pun bisa dibuat lebih memenuhi sisi depan perangkat.

Rancangan "hole-punch display" ini belakangan mulai marak diadopsi pabrikan ponsel sehingga agaknya bakal menjadi tren baru setelah "poni" alias notch.

Baca juga: Samsung Luncurkan Senjata Baru untuk Lawan Xiaomi

"Isocell Slim 3T2adalah sensor 20 megapiksel terkecil kami yang serba guna dan memungkinkan pabrikan perangkat untuk melakukan diferensiasi perangkat," ujar Samsung dalam sebuah keterangan pers. 

Meski mungil, Isocell Slim 3T2 sendiri diklaim tetap mampu menghasilkan tangkapan gambar yang bagus dengan resolusi 20 megapiksel. Masing-masing piksel berukuran 0,8 mikron.

Samsung turut membenamkan teknologi Tetracell di Isocell Slim 3T2. Tetracell disebut bisa menghasilkan jepretan lebih terang dan tajam di kondisi malam hari dengan menggabungkan empat piksel menjadi satu, namun resolusi akhir gambar berkurang menjadi 5 megapiksel.

Dengan ukuran mungilnya, Isocell Slim 3T2 bisa menghemat tempat untuk komponen lain di sekelilingnya sehingga membantu pabrikan dalam mewujudkan ponsel berdesain hole-punch display.

Baca juga: Samsung Kembangkan Isocell Plus, Senjata Foto "Low-Light" di Smartphone

Bukan hanya sebagai sensor kamera selfie, Isocell Slim 3T2 pun bisa dipakai di punggung perangkat dalam konfigurasi multi-camera, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDA Developers, Jumat (25/1/2019).

Misalnya, ketika digunakan sebagai sensor kamera telephoto, Isocell Slim 3T2 bisa memangkas tinggi modul kamera sebesar 7 persen jika dibandingkan dengan sensor kamera 20 megapiksel lain dari samsung yang berukuran lebih besar (1/3 inci).

Isocell Slim 3T2 rencananya akan mulai diproduksi pada kuartal pertama tahun ini. Belum diketahui siapa saja pabrikan ponsel yang akan menggunakannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X