Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Facebook Moments Akan Ditutup Karena Sepi Peminat

Kompas.com - 25/01/2019, 13:23 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Facebook berencana menutup layanan Moments pada 25 Februari mendatang. Layanan yang memiliki aplikasi sendiri itu memungkinkan pengguna berbagi foto dengan teman.

Moments pertama kali dirilis pada 2015 lalu. Aplikasi ini memungkinkan pengguna berbagi foto yang disimpan di ponsel, kepada teman di Facebook tanpa harus mengunggah foto itu di Facebook. Konsepnya serupa dengan Google Photos.

Namun karena sepi peminat, Facebook pun belakangan memutuskan untuk menghentikan layanan Moments. Namun, pihak Facebook bakal memberikan alternatif bagi pengguna Moments, untuk mengupload foto ke Facebook.

Baca juga: Facebook Rilis "Moments", Aplikasi Pintar Pengunggah Foto

"Kami sadar foto yang dibagikan sangat berharga, karena itu kami meawarkan cara menyimpan memori dalam aplikasi Facebook," kata Rushabh Doshi, Director of Product Management Moments.

Pengguna juga bakal bisa mengunduh semua foto yang pernah diupload ke Moments, sebelum layanan itu sepenuhnya dihentikan.

Cara menyelamatkan foto Moments

Bagi Anda yang pernah memakai aplikasi ini, dan ingin menyelamatkan foto-foto yang telah diupload, caranya sebagai berikut.

Kunjungi halaman yang telah dibuat oleh Facebook di tautan berikut ini. Dari situ, pengguna akan memiliki opsi untuk meng-ekspor foto-foto mereka ke komputer atau ponsel. Opsi ini bakal tersedia hingga Mei 2019.

Facebook sendiri tidak menjabarkan berapa jumlah unduhan Moments dan pengguna aktif hariannya saat ini.

Baca juga: Ini Bukti Facebook Semakin Ditinggal Pengguna

Namun dikutip KompasTekno dari Cnet, Jumat (25/1/2019), Sensor Tower, perusahaan analitik aplikasi, mengatakan bahwa Moments telah dipasang oleh 87 juta pengguna dengan perangkat Android dan iOS, sejak pertama kali dirilis.

Pada puncaknya, Moments diunduh 10,7 juta kali pada Juni 2016. Jumlah itu terus turun hingga menjadi 150.000 unduhan pada Desember 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com