Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olympus Luncurkan Kamera Mirrorles OM-D E-M1X, Tetap dengan Four Third

Kompas.com - 25/01/2019, 15:39 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Di saat pabrikan kamera seperti Canon, Nikon, dan Panasonic bersama-sama menantang Sony dengan merilis kamera mirrorless full-frame, Olympus konsisten dengan format kamera micro four third-nya.

Termasuk untuk kamera mirrorless Olympus yang baru saja diluncurkan, yakni Olympus OM-D E-M1X.

"Olympus OM-D E-M1X dilengkapi dengan kecepatan, performa, daya tahan yang unggul di industri, serta hasil gambar berkualitas tinggi yang bisa menyaingi DLSR full-frame," tulis Olympus.

Satu fitur yang mencolok dari OM-D E-M1X adalah pegangan vertikal (vertical grip) yang terintegrasi, di dalamnya mengemas baterai tambahan. Bentuk vertical grip ini mirip dengan kamera DSLR Canon EOS 1D X II dan Nikon D5.

Masuk ke aspek spesifikasi, E-M1X mengusung sensor resolusi 20,4 megapiksel, dengan dua prosesor gambar TruePic VIII, yang menurut Olympus membuat kecepatan boot kamera bisa cepat

E-M1X menggunakan sistem autofocus 121 titik, serupa dengan seri E-M1 Mark II, dan mendukung pemotretan kontinyu 60 fps dengan autofocus dan auto exposure yang terkunci, atau pemotretan kontinyu 18 fps dengan Af/AE yang aktif.

Olympus juga meningkatkan mode Pro Capture, warisan dari seri E-M1 Mark II sebelumnya. Jika dulu mode tersebut menangkap buffer foto 14 frame terakhir, maka kini jumlahnya ditingkatkan menjadi 35 frame dalam E-M1X.

Baca juga: Menyimak Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

Peningkatan lain termasuk viewfinder dan fitur penghilang panas, sehingga mencegah kamera overheat.

Selain itu, E-M1X juga telah menggunakan port USB-C untuk keperluan charging. Menurut Olympus, kedua baterai kamera bakal terisi penuh dalam dua jam.

Dikutip KompasTekno dari PetaPixel, Jumat (25/1/2019), Olympus OM-D E-M1X bakal mulai dijual akhir Februari dengan banderol harga 3.000 dollar AS (body only), atau sekitar Rp 42 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com