Samsung Bikin Layar OLED 4K 15,6 Inci Pertama untuk Laptop

Kompas.com - 26/01/2019, 08:07 WIB
Ilustrasi Layar 15,6 Inci 4K Samsung ArsTechnicaIlustrasi Layar 15,6 Inci 4K Samsung

KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan panel OLED 15,6 inci dengan resolusi 4K, untuk perangkat laptop. Panel ini diklaim yang pertama di dunia dan rencananya bakal dipasok ke beberapa vendor laptop ternama.

Samsung Display Marketing Director, Yoon Jae-nam mengatakan bahwa layar OLED 15,6 inci bikinan Samsung itu bakal menawarkan efek HDR dan reproduksi warna yang akurat.

Dia juga mengklaim bahwa panel OLED 4K itu bisa meningkatkan visibilitas pengguna dalam kondisi outdoor yang terik.

Hal itu bisa tercipta karena panel OLED 4K itu memiliki rentang kecerahan dari 0,0005 hingga 600 nits. Selain terang, panel OLED Samsung juga bisa menampilkan warna hitam yang 200 kali lebih gelap daripada panel LCD.

Panel OLED bikinan Samsung ini juga bisa menampilkan 34 juta spektrum warna, tak seperti panel LCD yang hanya bisa menampilkan 16 juta warna.

Baca juga: HP Siapkan Laptop 15 Inci Pertama Berlayar AMOLED

Panel OLED tersebut juga diklaim Samsung memiliki dimensi yang tipis, lebih ringan, dan ramah energi dibandingkan panel LCD.

Meski kelebihannya telah dibeberkan, belum diketahui vendor laptop mana saja yang bakal menggunakan panel OLED 4K 15,6 inci buatan Samsung ini.

Namun, beberapa pabrikan laptop ternama seperti HP, Lenovo, dan Dell disinyalir bakal meluncurkan laptop dengan layar OLED 4K pada 2019 ini, bisa jadi menggunakan layar bikinan Samsung.

Sementara itu, layar OLED 4K Samsung sendiri dikabarkan bakal memasuki tahap produksi massal pada pertengahan Februari 2019, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Sabtu (26/1/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X