Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Picture in Picture" Kini Sudah Bisa di WhatsApp Web

Kompas.com - 28/01/2019, 08:53 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Desember 2018 lalu, WhatsApp resmi merilis fitur Picture in Picture (PiP) yang memungkinkan penggunanya untuk menonton video sambil chatting untuk pengguna mobile Android.

Video yang dikirim dari Facebook, YouTube, dan Instagram akan terputar di ruang obrolan tanpa pengguna harus meninggalkan aplikasi WhatsApp.

Sebelumnya, ketika pengguna mengklik tautan video, akan diarahkan ke sumber asli video yang artinya harus meninggalkan aplikasi.

Fitur tersebut kini hadir di WhatsApp versi Web dalam versi 0.3.2041. Di versi sebelumnya, yakni 0.3.20146, fitur PiP hanya bisa memutar video yang dibagikan pengguna lain saja, bukan bersumber dari platform berbagi video.

Dengan pembaruan ini, fitur PiP bisa berfungsi sebagaimana yang ada di versi mobile. Kabar ini diumumkan oleh WABetaInfo yang kerap membocorkan fitur terbaru WhatsApp.


Untuk mencoba fitur ini, buka WhatsApp melalui web di alamat web.whatsapp.com. Kemudian pindai barcode yang tersedia di layar melalui aplikasi WhatsApp mobile.

Untuk mengetahui versi WhatsApp web yang Anda gunakan, pergi ke menu setting dengan megklik ikon "..." yang sejajar dengan foto profil.

Kemudian pilih opsi "Help" (bantuan), lalu lihat verisnya yang berada di bagian bawah logo WhatsApp.

Baca juga: Semua Pengguna WhatsApp Android Kini Bisa Nonton Video Sambil Chatting

Untuk menjajalnya pastikan versi WhatsApp yang digunakan adalah 0.3.2041. Jika masih versi lama, hapus chache pada browser lebih dulu dengan me-restart browser.

Pastikan pula Anda mendapatkan atau mengirim pesan yang memuat tautan konten video yang berasal dari Facebook, YouTube, atau Instagram. Saat Anda mengklik tombol "Play" dalam video tersebut, video akan terputar dan mengambang di ruang obrolan video.

Tangkapan layar tampilan fitur Picture in Picture di WhatsApp WebWABetaInfo Tangkapan layar tampilan fitur Picture in Picture di WhatsApp Web

Sementara itu, pengguna bebas chatting atau berpindah ke ruang obrolan lain, tanpa menyetop video atau keluar dari aplikasi WhatsApp. Seperti di versi mobile, pengguna juga bisa memperbesar ukuran video atau memutarnya dengan layar penuh.

Baca juga: WhatsApp, Instagram, dan Messenger Akan Disatukan

WhatsApp tengah menggodok fitur ini untuk hadir di versi desktop dalam waktu dekat, seperti dikutip KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (28/1/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com