Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung One UI untuk Galaxy S9 dan Note 9 Sudah Sampai di Indonesia

Kompas.com - 28/01/2019, 10:30 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Samsung Galaxy S9 dan Note 9 di Indonesia kini bisa makin antusias menggunakan dua perangkat tersebut. Pasalnya Samsung One UI, antarmuka terbaru yang berbasis Android 9 Pie untuk kedua ponsel flagship ini sudah sampai ke pengguna di Tanah Air.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Senin (28/1/2019) antarmuka Samsung One UI ini sudah mulai digelontorkan untuk pengguna di Indonesia sejak beberapa hari lalu.

Pembaruan ini dilakukan secara bertahap sehingga belum terdistribusikan secara merata.

Melalui linimasa Twitter, beberapa pengguna melaporkan sudah mendapat notifikasi pembaruan pada minggu lalu. Sedangkan unit Galaxy S9 yang digunakan KompasTekno baru mendapat pembaruan One UI tersebut hari ini.

Untuk melakukan pembaruan ini, pengguna cukup masuk ke menu pengaturan (setting) dan memilih opsi "software update". Kemudian jika sudah tersedia, maka Anda bisa mulai mengunduhnya dan One UI akan terinstal secara otomatis.

Proses mengunduh One UIYudha Pratomo/KompasTekno Proses mengunduh One UI

Perlu diingat, pembaruan software ini memiliki ukuran yang cukup besar yakni sekitar 1,6 GB. Untuk itu, disarankan agar menggunakan koneksi WiFi yang cepat dan stabil untuk menghindari kegagalan saat proses instalasi.

Sepintas, One UI ini sejatinya tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan tampilan antarmuka versi sebelumnya. Perbedaan yang paling terlihat adalah gambar-gambar ikon yang penampilannya sedikit berubah.

Namun dari sisi performa, One UI membuat ponsel terasa lebih ringan dan dapat menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. Kemudian ada juga "night mode" atau mode malam di mana tampilan akan berubah menjadi warna gelap ketika mode ini diaktifkan.

Baca juga: Melihat One UI, Antarmuka Masa Depan untuk Ponsel Samsung

One UI sendiri merupakan tampilan antarmuka terbaru yang diperkenalkan pada gelaran Samsung Developer Confrence (SDC) 2018 lalu. Antarmuka ini akan digelontorkan secara ke sejumlah smartphone flagship yang dikembangkannnya mulai Januari 2019 ini.

Ponsel pertama yang dijadwalkan menerima adalah Galaxy S9 dan S9 Plus, kemudian dilanjutkan oleh Note 9 yang dijadwalkan mulai menerima pembaruan pada akhir Januari atau awal Februari mendatang. Kemudian ponsel Samsung lainnya akan menyusul di bulan-bulan berikutnya.

One UI ini diklaim Samsung sebagai tampilan antarmuka yang paling memfokuskan pada kenyamanan pengguna (user experience, UX) saat ini.

Baca juga: Bocoran Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M10 dan M20

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com