Pembaruan Windows 10 Lebih Sedot Kapasitas "Harddisk"

Kompas.com - 28/01/2019, 14:46 WIB
Microsoft tengah mengembangkan fitur agar aplikasi Android bisa berjalan di Windows 10 The VergeMicrosoft tengah mengembangkan fitur agar aplikasi Android bisa berjalan di Windows 10

KOMPAS.com - Microsoft memperbarui sistem operasi Windows 10 dengan menambahkan fitur penyimpanan khusus atau disebut “reserved storage”.

Tujuannya mengatur ruang penyimpanan (disk space) pada komputer agar selalu siap memperbarui sistem operasi secara otomatis. Hanya saja, mekanisme kerjanya memicu kontroversi.

Pasalnya, reserved storage memakan disk space mulai dari 7 GB. Dalam keadaan “tak dibutuhkan”, reserved storage berisi aplikasi-aplikasi, temporary files, dan system chace.

“Ketika dibutuhkan untuk update, file yang tak dibutuhkan di reserved storage bakal dihapus dan update akan menggunakan kapasitas tersebut,” kata Program Manager Microsoft, Jesse Rajwan.

“Ini memungkinkan pengguna untuk menginstal dan memperbarui sistemnya tanpa harus bersih-bersih disk space terlebih dahulu, bahkan ketika pengguna memiliki kapasitas disk space yang minim,” ia menambahkan.

Kedengarannya memang masuk akal, namun perlu dicatat bahwa reserved storage tak bisa dihapus. Artinya, 7 GB dari disk space pengguna yang semestinya bisa digunakan untuk hal lain hanya akan tersedot ke reserved storage.

Baca juga: Microsoft Minta Pengguna Windows 10 Mobile Beralih ke Android dan iOS

Menyadari hal ini, Microsoft pun memberikan solusi. Pengguna bisa mengurangi kapasitas reserved storage dengan dua cara, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (28/1/2019), dari DigitalTrends.

Pertama, pengguna bisa menghapus fitur-fitur opsional dari sistem dengan memilih Settings > Apps > Apps & features > Manage optional features. Menghapus fitur opsional akan mengurangi jumlah ruang yang diambil reserved storage.

Kedua, pengguna bisa menghapus semua bahasa Windows yang terinstal dan tak dibutuhkan. Caranya dengan memilih Settings > Time & Language > Language, lalu pilih uninstal bahasa-bahasa yang tak dipakai. Mekanisme ini juga bakal mengurangi kapasitas reserved storage.

Pembaruan Windows 10 dalam versi 1903 dengan reserved storage ini dijadwalkan resmi meluncur pada April 2019 mendatang. Untuk sementara, hanya pengguna yang bergabung dalam Windows Insider Program yang bisa menjajalnya.

Baca juga: Usia Windows 7 Tinggal Setahun Lagi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X