Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Ponsel Murah Nokia 1 Plus Menyeruak

Kompas.com - 29/01/2019, 07:03 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - HMD Global dikabarkan tengah menyiapkan ponsel teranyarnya yakni Nokia 1 Plus. Ponsel ini akan menjadi ponsel murah yang tergabung dalam program Android Go dan menjadi penerus Nokia 1 yang dirilis 2018 lalu.

Meski belum diketahui kapan akan diluncurkan, spesifikasi Nokia 1 Plus sudah bocor di internet. Spesifikasi ponsel ini muncul dalam katalog perangkat Google Play Console.

Dalam katalog tersebut, Nokia 1 Plus muncul dengan nama kode "ANT" dan berjalan dengan sistem operasi Android 9 Pie Go Edition.

Dengan adanya keterangan "Go Edition" pada sistem operasi yang digunakan, sudah dapat dipastikan ponsel ini akan menyasar pasar low-end dengan harga murah dan spesifikasi yang rendah.

Nokia 1 Plus diketahui akan menggunakan chipset MediaTek MT6739. System-on-Chip ini memiliki 4 ARM Cortx-A53 yang berjalan pada kecepatan 1,5 Ghz.

Chipset tersebut didampingi oleh RAM sebesar 1 GB. Meski ukuran RAM-nya tergolong kecil, sistem operasi Android Go Edition tetap dapat membuat perangkat bekerja lebih efisien dan ringan.

Sehingga, meski dengan RAM yang hanya 1 GB, pengguna masih akan dapat melakukan multitasking beberapa aplikasi sekaligus.

Untuk urusan layar, Nokia 1 Plus bakal mengusung layar yang lebih luas dari pendahulunya. Jika Nokia 1 memiliki layar seluas 4,5 inci, ponsel Nokia 1 Plus dibekali dengan layar seluas 5 inci dengan resolusi 480x960 piksel.

Namun tidak disebutkan secara rinci jenis layar yang digunakan.

Baca juga: Menggenggam Si Mungil Nokia 1, Ponsel Android Go di Bawah Rp 1 Juta

Lantas kapan ponsel ini akan dirilis? Meski belum ada kejelasan, besar kemungkinan ponsel ini akan diperkenalkan dalam waktu dekat, seperti dihimpun KompasTekno dari Ubergizmo, Selasa (29/1/2019).

HMD Global sendiri kabarnya akan memperkenalkan Nokia 9 PureView dalam gelaran Mobile World Congress 2019 pada Februari mendatang. Ada kemungkinan Nokia 1 Plus juga akan diperkenalkan dalam gelaran yang sama.

Namun jika berkaca dari peluncuran Nokia 1 tahun lalu, ponsel tersebut diperkenalkan pada akhir April 2018. Sehingga ada juga kemungkinan Nokia 1 Plus akan dirilis pada bulan yang sama.

Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com