Awas, Penelepon "Facetime" di iPhone Bisa Dengar Suara Penerima Meski Belum Diangkat

Kompas.com - 29/01/2019, 10:56 WIB
FaceTime bisa video chat hingga 32 orang. BusinessInsiderFaceTime bisa video chat hingga 32 orang.

KOMPAS.com - Aplikasi panggilan video FaceTime dilaporkan memiliki "bug" atau masalah yang cukup serius. Banyak pengguna yang melaporkan bahwa bug tersebut memungkinkan penelepon mendengar suara dari penerima, meski panggilan belum diterima atau ditolak.

Hal ini tidak hanya terjadi di fitur audio-only atau panggilan suara saja tapi juga panggilan video. Jadi penelepon bisa melihat situasi melalui kamera depan perangkat penerima, tanpa perlu diterima atau diangkat dulu panggilan Facetime-nya.

Tidak hanya di iPhone saja, bug ini juga menjangkiti perangkat iOS lain, seperti Mac dan iPad.

Masalah tersebut tergolong masalah privasi yang sangat menghawatirkan, sebab si penerima panggilan tidak mengetahui bahwa percakapan atau suara di sekitarnya, ternyata telah diketahui si penelepon, padahal di perangkat si penerima masih berdering secara normal.

Namun hal sebaliknya tidak terjadi, si penerima panggilan Facetime tidak bisa mendengar suara atau melihat video dari si pemanggil, sebelum panggilan diterima atau ditolak.

Dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (29/1/2019), yang telah menguji coba bug ini dengan membuat panggilan dari iPhone X ke iPhone XR, bug itu disebut mempengaruhi perangkat yang berjalan di iOS 12.1 atau versi yang lebih baru.

Mereka menguji bug Facetime dengan melakukan grup FaceTime. Skenarionya, seseorang melakukan panggilan Facetime dengan pengguna iOS lain, kemudian menambahkan kontak dirinya sendiri ke grup FaceTime.

Saat menambahkan kontak lain, terdengar suara dari pengguna iOS pertama yang diundang ke FaceTime, padahal perangkat masih dalam status berdering yang masih memunculkan pilihan "Terima" atau "Tolak".

Saat seolah-olah pengguna itu sudah bergabung dengan FaceTime padahal perangkatnya masih berdering, terdengan potongan-potongan percakapan yang bisa didengar si pemanggil telepon, tanpa si penerima tahu bahwa suaranya terdengar oleh pengguna lain. 

Ilustrasi bug tersebut telah diunggah dalam sebuah video oleh salah satu pengguna iPhone,  Benji Mobb melalui akun Twitter @BmManski.

 

Apple telah mengetahui adanya bug tersebut dan akan merilis pembaruan software dalam minggu ini. Seperti yang dikatakan di awal, bahwa bug ini juga mempengaruhi video call.

Ketika si penerima panggilan video membuka perangkat dengan menekan tombol daya, orang yang melakukan panggilan video call, akan melihat cuplikan video tanpa audio dari si penerima dan tanpa si penerima mengetahuinya.

Artinya, pengguna pertama yang mengundang FaceTime bisa melihat apa yang dilakukan pengguna iOS lain yang ia hubungi melalui video FaceTime meski di perangkat si penerima masih dalam status berdering.

Baca juga: Ada Bug Serius, Apple Matikan Server Group FaceTime

Sebelum Apple mengatasi masalah ini dengan merilis update software, pengguna bisa menon-aktifkan pengaturan FaceTime di perangkat iOS untuk sementara waktu. Caranya dengan membuka menu "Setting", pilih "FaceTime", dan geser tombol FaceTime menjadi "Off".

Baca juga: Hati-hati Ganti Nomor WhatsApp, Pesan Bisa Nyasar ke Orang Lain

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber 9to5mac
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X