Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Bug" Serius, Apple Matikan Server Group FaceTime

Kompas.com - 29/01/2019, 16:45 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple menonaktifkan Group FaceTime dengan mematikan server yang menangani layanan tersebut.

Pemadaman dilakukkan setelah ditemukan "bug" serius yang menyebabkan penelepon bisa mendengar suara penerima meski panggilan belum diterima ataupun ditolak.

Lewat situs pengecekan resmi server dan layanannya, Apple mengubah status layanan Group FaceTime dari aktif menjadi non-aktif untuk sementara waktu. Status server Group FaceTime sendiri bisa dilihat di tautan berikut

Baca juga: Awas, Penelepon FaceTime di iPhone bisa Dengar Suara Penerima Meski Belum Diangkat

Seperti tim KompasTekno pantau pada situs tersebut, Selasa (29/1/2019) hingga sore hari ini tercatat status indikator server tampak berwarna kuning. Artinya, server yang bersangkutan masih bemasalah.

Ilustrasi status server AppleBill Clinten/Kompas.com Ilustrasi status server Apple

Dengan dinon-aktifkannya server Group FaceTime ini, maka pengguna tak bisa menggunakan layanan FaceTime grup, seperti menelpon dan menambah kontak di grup, untuk sementara waktu.

Meski begitu, FaceTime secara personal diketahui masih bisa berjalan dengan normal.

Terkait "bug" ini, pihak Apple menjanjikan perbaikan lewat pembaruan software bakal tersedia di beberapa hari ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors.

Bisa menguping dan mengintip

Seperti diketahui, fitur Group FaceTime yang bisa dilakukan di perangkat berbasis iOS 12.1 ke atas dilanda bug yang memungkinkan orang lain menelepon dan menguping pengguna, tanpa perlu menunggu telepon diangkat.

Hal ini tidak hanya terjadi di fitur audio-only atau panggilan suara saja tapi juga panggilan video (video call). Jadi, penelepon bisa mengintip situasi melalui kamera depan perangkat penerima, tanpa perlu menunggu video call diterima.

Baca juga:  FaceTime Terbaru Bisa "Video Call" Hingga 32 Orang

Pada kasus video, ketika si penerima panggilan video membuka perangkat dengan menekan tombol daya, orang yang melakukan panggilan video call akan melihat cuplikan video tanpa audio dan tanpa sepengetahuan penerima.

Artinya, pengguna pertama yang mengundang FaceTime bisa menguping dan mengintip apa yang dilakukan pengguna iOS lain yang ia hubungi melalui video FaceTime, meski di perangkat si penerima masih dalam status berdering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com