Samsung Akuisisi Perusahaan Kamera "Zoom 10x" yang Tuntut Apple

Kompas.com - 29/01/2019, 20:39 WIB
Ilustrasi teknologi kamera periskop Oppo dengan rentang zoom 5x. OppoIlustrasi teknologi kamera periskop Oppo dengan rentang zoom 5x.

KOMPAS.com - Samsung hendak mengakuisisi perusahaan kamera smartphone asal Israel bernama “Corephotonics”. Prosesnya dikabarkan hampir rampung dengan transaksi senilai 150 juta dollar AS (sekitar Rp 2 triliun).

Nama Corephotonics cukup familiar, sebab perusahaan tersebut bersengketa dengan Apple sejak 2017 lalu. Corephotonics menuduh pabrikan Cupertino mencaplok patennya untuk kamera iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus.

Paten itu berhubungan dengan teknologi yang digunakan Apple dalam menyusun kamera ganda (dual-camera) pada lini iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus.

Diketahui, dua flagship tersebut memungkinkan pengguna melakukan optical zoom hingga dua kali, serta memadankan lensa sudut lebar (wide-angle) dan lensa fokus panjang (telephoto).

Menurut Coresphotonics, desain lensa telephoto, teknik optical zoom, serta metode penggabungan dua lensa untuk menghasilkan foto berkualitas, bukan ide orisinil Apple.

Corephotonics sempat menghubungi Apple dan ditanggapi dengan itikad baik. Kendati begitu, tak ditemukan jalan tengah yang memuaskan kedua pihak, sehingga Corephotonics mengambil jalur hukum.

Mulanya cuma untuk iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus, belakangan Corephotonics menambah tuntutan hukumnya untuk lini iPhone X pada 2018 lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (29/1/2019), dari MacRumors.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses hukum antara Corephotonics dan Apple belum tuntas, tetapi Samsung malah masuk di tengah-tengah untuk melakukan transaksi bisnis. Belum jelas kapan proses akuisisi selesai, dan bagaimana dampaknya pada masalah hukum yang tengah berjalan.

Baca juga: Apple Tuntut Ganti Rugi Rp 14 Triliun ke Samsung

Diketahui, Samsung dan Apple juga sempat wara-wiri di meja hijau selama tujuh tahun untuk kasus paten. Keduanya lantas menyelesaikan pertikaian itu secara damai pada Juni 2018 lalu.

Corephotonics sendiri sebelumnya dikenal sebagai pengempang teknologi kamera optical zoom 5x yang diperkenalkan Oppo dalam bentuk prototipe di ajang MWC 2017.

Baca juga: Prinsip Kerja Teknologi Zoom 5x di Kamera Smartphone Oppo



Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X