Apple Klaim Ada 900 Juta iPhone Aktif di Seluruh Dunia

Kompas.com - 30/01/2019, 14:52 WIB
CEO Apple, Tim Cook, di atas panggung peluncuran di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California, AS. TheVergeCEO Apple, Tim Cook, di atas panggung peluncuran di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California, AS.

KOMPAS.com - Apple kerap mengumbar jumlah perangkat iOS yang beredar di pasaran. Namun, berapa sebenarnya jumlah iPhone secara spesifik?

Pabrikan asal Cupertino itu akhirnya buka-bukaan dalam laporan teranyarnya. Menurut CFO Apple, Luca Maestri, ada 900 juta iPhone yang aktif di seluruh dunia hingga penghujung 2018.

Angka itu mengambil porsi mayoritas dari total 1,4 miliar perangkat iOS di pasaran. Selain iPhone, perangkat iOS lainnya termasuk iPad dan iPod Touch.

Luca Maestri tak merinci angka spesifik berdasarkan tiap jenis iPhone. Ia hanya mengklaim iPhone XR adalah yang terpopuler saat ini, disusul iPhone XS Max dan iPhone XS.

Baca juga: Apple Mulai Pangkas Produksi iPhone Terbaru

Ke depan, kata Luca Maestri, Apple akan mengumumkan jumlah perangkat iOS keseluruhan dan jumlah iPhone secara berkala, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (30/1/2019), dari Engadget.

Laporan Apple untuk periode kuartal yang berakhir pada 29 Desember 2018 menunjukkan Apple mencatat pendapatan 84,3 miliar dollar AS (Rp 1,2 triliun), atau menurun 5 persen dari tahun sebelumnya.

Ini adalah dampak penurunan pendapatan dari iPhone sebesar 15 persen. Padahal, iPhone merupakan sumber pemasukan utama Apple dengan kontribusi 52 miliar dollar AS dari angka pendapatan keseluruhan 84,3 miliar dollar AS tadi.

Baca juga: 10 Fitur Ikonik iPhone yang Kini Hilang

Sektor-sektor lainnya sebenarnya meningkat. Total pendapatan dari produk selain iPhone naik 19 persen. Pertumbuhan signifikan tampak pada lini “Home and Accessories”, yakni 33 persen dari tahun sebelumnya.

“Meski sumber pendapatan utama menunjukkan pertumbuhan yang tak sesuai ekspektasi, namun kami terus menjaga Apple untuk jangka panjang. Kuartal ini menunjukkan kekuatan di lini-lini bisnis kami lainnya,” kata CEO Apple, Tim Cook,

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ENGADGET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X