Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5G Belum Rampung, LG Sudah Mulai Riset 6G

Kompas.com - 30/01/2019, 15:36 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi jaringan seluler generasi ke-5 alias 5G bisa dibilang belum rampung dikomersilkan secara luas. Meski begitu, vendor asal Korea Selatan, LG, dilaporkan tengah bersiap mengembangkan teknologi 6G. 

Hal ini diketahui dari pengumuman dibukanya pusat riset teknologi 6G milik LG di Daejeon, Korea Selatan.

Riset LG bukan bertujuan mengembangkan ponsel 6G, tapi "memimpin standarisasi global dan penciptaan peluang bisnis baru" terkait calon teknologi seluler masa depan itu.  

Baca juga: Tiga Operator Korea Selatan Serentak Luncurkan Jaringan 5G

"Adalah hal penting untuk meningkatkan daya saing teknologi komunikasi mobile Korea Selatan dan menyiapkan diri untuk industri di masa depan," ujar Profesor Cho Dong-ho dari pusat riset 6G LG.

Untuk melancarkan riset 6G, LG turut menggandeng Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). LG memperkirakan transisi dari teknologi 5G menuju 6G bakal memakan waktu hingga 10 tahun.

Korea Selatan lewat LG bukan satu-satunya negara yang sudah mulai melirik 6G meskipun penggelaran teknologi 5G saja masih dalam tahap awal.

Baca juga: China Sudah Bersiap Gelar Internet 6G

Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China diketahui juga telah menyiapkan tim khusus untuk mengembangkan teknologi 6G. Rencananya penelitian awal 6G di China bakal dimulai pada 2020 mendatang. 

LG sendiri melalui LG U Plus merupakan salah satu dari tiga operator seluler Korea Selatan yang serentak menggelar jaringan 5G komersil pertama di Negeri Ginseng pada awal Desember lalu.

Kendati demikian, LG sebenarnya belum memiliki handset 5G. Smartphone 5G pertama dari perusahaan ini kabarnya baru akan diperkenalkan bulan Februari mendatang.

Baca juga: Belum Diketahui Namanya, Ponsel 5G LG Meluncur Februari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com